Automotive

MMKSI Bidik Penjualan 90 Ribu Unit di 2021

Naoya Nakamura, President Director MMKSI pada konferensi pers hari ini (06/04/2021)

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC) menghadapi kondisi berat di 2020. Ini seiring dengan data penjualan industri mobil Indonesia pada tahun 2020 yang juga mengalami penurunan 44,59% akibat pandemi dan Pembatasan Sosial Berskala Besar. Tahun ini MMKSI lebih optimis dengan membidik penjualan 90 ribu unit.

Beberapa model kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors berhasil menjaga posisi pasar dan mampu meredam penurunan drastis di penjualan di masing-masing segmen. Xpander (termasuk Xpander Cross) meraih pangsa pasar 24,1% di segmen small-MPV. Untuk kendaraan niaga L300 menjadi pemimpin pasar di kelas Pick-Up & Van Small dengan pangsa pasar 60.6%. Sedangkan, Triton menjadi pemimpin segmen di kelas 4×4 dengan pangsa pasar 53,6%. Dan Pajero Sport memimpin segmen kelas 4×4 dengan pangsa pasar 53,2%

Model Mitsubishi Xpander (termasuk Xpander Cross) berkontribusi signifikan terhadap angka penjualan total MMKSI dan secara umum turut menjaga volume dan kontribusi di segmen small-MPV di tahun lalu. Tahun ini, MMKSI makin optimis dengan menghadirkan produk, layanan penjualan dan purna jual terbaik kepada konsumen. Terlebih, GAIKINDO memproyeksikan penjualan kendaraan tahun 2021 sebesar 750.000 unit.

“Kami meyakini, apa yang MMKSI capai di 2020 berkat bubungan dan sinergi yang terjalin baik antara MMKSI dengan berbagai pihak juga media. MMKSI berkomitmen memberikan produk dan layanan terbaik kepada konsumen secara berkelanjutan pada keseluruhan proses kepemilikan kendaraan, serta berusaha untuk mencapai target penjualan. Berbagai capaian yang diraih MMKSI diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap industri otomotif, pertumbuhan ekonomi dan kepentingan masyarakat Indonesia secara luas,”ujar Naoya Nakamura, Presiden Direktur MMKSI pada konferensi pers hari ini (06/04/2021).

Merujuk pada data penjualan retail GAIKINDO tahun kalender 2020, kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia mencatat angka penjualan sebanyak 54,768 unit (Jan 2020 – Dec 2020), yang terdiri dari penjualan model kendaraan penumpang 34.504 unit (Xpander, Xpander Cross, Pajero Sport, Eclipse Cross, Outlander PHEV), terkoreksi 57,2% dari tahun sebelumnya, dikarenakan daya beli dan situasi pasar. Capaian penjualan kendaraan niaga ringan Mitsubishi Motors di Indonesia sebanyak 20.264 unit (Triton, L300 dan T-120SS) terkoreksi 47% dibandingkan tahun 2019. Secara total, angka penjualan kendaraan Mitsubishi Motors di Indonesia terkoreksi 55.4%.

Namun kondisi positif mulai dirasakan MMKSI sejak Januari 2021. Penjualan ritel kendaraan penumpang dan kendaraan niaga ringan Mitsubishi Motors di Indonesia total untuk bulan Januari 2021 tercatat 6.694 unit atau mengalami peningkatan pangsa pasar menjadi 13,6%, yang merupakan pangsa pasar terbaik MMKSI pada tahun fiskal 2020 (April 2020 – Januari 2021) dan dalam situasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PPKM) pandemi COVID-19.

Pada segmen kendaraan penumpang MMKSI di bulan Januari 2021, mencatat penjualan 4.108 unit, dan di segmen kendaraan niaga ringan mencatat penjualan 2.586 unit. Model Mitsubishi Xpander (termasuk varian Xpander Cross) mendominasi kontribusi terhadap keseluruhan penjualan MMKSI dengan 46,7%, sekaligus angka penjualan tertinggi model Xpander pada tahun fiskal 2020. Mitsubishi L300 berkontribusi 30,8% dan Mitsubishi Pajero Sport dengan kontribusi 14,4%.

Walau saat ini kondisi masih pandemi, namun dengan relaksasi yang diberikan pemerintah pada industri mobil, dengan diberlakukannya PPnBM 0 persen per Maret lalu untuk mobil ukuran 1.500 CC, MMKSI optimis bisa meningkatkan penjualan hingga 64% dibanding penjualan tahun 2020. “Tahun ini kami membidik penjualan 90 ribu unit, total, yaitu dengan rincian 60 ribu unit kendaraan penumpang dan 30 ribu unit kendaraan komersial. Angka tersebut naik 64% dari 2020 sebanyak 54.768 unit,” jelas Irwan Kuncoro Direktur Marketing and Sales MMKSI.

Beberapa langkah strategis telah disiapkan MMKSI. Terutama dalam upaya menjaga kepuasan dan layanan konsumen. Di saat yang sama, MMKSI akan menjalankan strategi komunikasi terintegrasi, baik itu below and above the line, digutal marketing dan juga media relations yang lebih baik lagi tahun ini. Dan yang terpenting, di 2021 MMKSI tetap akan melanjutkan upayanya mengembangkan jaringan daeler dan bengkel dan tentu saja meluncurkan produk dan model baru. “Kami akan membuka 8 jaringan baru, termasuk fasilitas resmi body dan cat Mitsubishi. Daeler hingga akhir tahun fiskal ditargetkan menjadi 164 sedangkan fasilitas body dan cat menjadi 23 di seluruh Indonesia,” terang Irwan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved