Motor TVS Zeppelin Bergaya Cruiser Murah Meriah

Mitra  BMW Motorrad di India, TVS,  memproduksi motor konsep gaya cruiser atau touring yang  diberi nama TVS Zeppelin Cruiser Concept.

Motor  baru yang terilhami dari produk sebelumnya yakni Akula--yang telah diluncurkan tahun lalu-- telah dipamerkan pada India Auto Expo 2018.

Seperti diberitakan IndianAutoBlog.com, TVS Zeppelin Cruiser memiliki keunikan yakni penggunaan  starter generator terintegrasi (ISG), yang konon memberi tenaga saat mesin motor dihidupkan. Sistem ini dilengkapi dengan motor regeneratif 1.200 Watt yang terhubung ke baterai lithium-ion 48-volt yang disebut TVS E-Boost yang mampu menambah  20%  torsi Zeppelin.

Zeppelin  mengusung  mesin 220 cc satu silinder yang mampu menyemburkan tenaga  20 hp pada 8.500 rpm dan torsi 18,5 Nm pada 7.000 rpm.  Tampilan motor ini mirip cruiser produk lain, hanya yang membedakannya  Zeppelin ini berpendingin udara tanpa menggunakan radiator.  Bentuk radiator  atau rumah radiator yang dibawah tangki tersebut adalah pembangkit tenaga listrik.  Zeppelin didesain sebagai motor  hybrid.

TVS Zeppelin menggunakan  sistem penggerak  belt-drive  yang dikawinkan dengan gearbox lima kecepatan.  Motor ini diklaim mampu dipacu  dengan kecepatan   130 km / jam.  Peredam kejut depan depan, y menggunakan produk  G 310 R, berukuran 41 mm dengan diameter terbalik.   Sistem rem menggunakan  standar two-channel ABS  dengan  kalliper rem depan  radial-mount. Rem cakram (disc brake)  depan  berukuran 300 mm tunggal dengan cakram 240 mm di belakang.  Sedangkan roda  depan  berukuran 17 inci  dan lingkar 15 inci di bagian belakang.

Pihak TVS belum memberikan keterangan kapan Zeppelin akan diproduksi massal. Namun mereka sudah memberikan perkiraan harganya, yakni 120.000 rupe atau berkisar Rp25,4 juta.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)