Panasonic Luncurkan Aki Mobil Blue Battery

Panasonic

Sektor otomotif tampaknya menarik minat dari Panasonic, salah satu produsen elektronik konsumer asal Jepang. Apalagi untuk pasar otomotif di indonesia yang  masih potensial dengan penjualan mobil yang per tahunnya lebih dari satu juta unit.  Baru-baru ini bertempat di Hotel Grand Mercure,  Jumat (6/10) lalu, perusahaan ini melalui PT Gobel Dharma Nusantara—pemegang merek Panasonic di Indonesia-- meluncurkan aki mobil model terbaru Blue Battery (BB), khusus untuk mobil-mobil premium.

Tadaharu Taguchi, Wakil Presiden Direktur PT Gobel Dharma Nusantara, mengatakan, Blue Battery   diperuntukkan bagi mobil-mobil masa kini  yang  berteknologi canggih. Pihaknya optimistis produk aki Panasonic ini bisa diserap pasar kendati di segmen ini sudah banyak pemain.   "Kami melihat penjualan otomotif di Indonesia terus berkembang. Setiap tahunnya  pasar otomotif di Indonesia menjual lebih dari satu juta mobil. Kami berharap penjualan Blue Batteray  juga meningkat," ujarnya.

Blue Battery masih diimpor langsung dari Jepang. Produk ini dipkai sebagai aki OEM (Original Manufacturer Facturing), seperti: Subaru Impreza, Lexus LS, Lexus ES, Mazda6 dan Mazda, dan Toyota Camry.  Di negeri matahari Terbit ini Blue Batteray menguasai 36% pangsa pasar aki mobil.

Blue Battery dipasarkan dalam tiga tipe yakni:  tipe JP, aki untuk mobil premium, JS yang dipakai oleh mobil dengan teknologi idle start serta  stop & go, dan JH jenis aki untuk  mobil berteknologi hybrid. Dari tiga jenis aki tersebut, hanya ada dua yang dipasarkan di Indonesia, yaitu JS dan JP. Sedangkan untuk tipe JH belum masuk ke Indonesia.
Aki Panasonic  memiliki keunggulan dibanding kompetitor,  antara lain, memiliki kapasitas penyimpanan listrik (ampere hour) yang besar, daya penerimaan listrik yang cepat,  umur aki yang lebih lama, bobot aki lebih ringan. Aki bertipe free maintenance (MF) ini akan segera dipasarkan di bengkel-bengkel otomotif. Konsumen bisa membeli Blue Battery dengan harga mulai dari Rp 1,4 juta hingga Rp 2,9 juta. (Rian S)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)