Automotive

Strategi Garap Produk SUV di Indonesia

Strategi Garap Produk SUV di Indonesia

Tren penjualan mobil kategori SUV (Sport Utility Vehicle) terus meningkat dalam dua terakhir. ahkan, pada 2021 penjualannya telah melampaui penjualan MPV dan LCGC. Kontribusi penjualan SUV di pasar otomotif juga terus meningkat, sementara pasar MPV dan LCGC cenderung stagnan. Tahun lalu, segmen SUV telah menjadi pasar dengan penjualan terbesar di Indonesia.

Pertumbuhan segmen SUV di Indonesia salah satunya dipicu oleh pemerataan ekonomi dan pembangunan infrastruktur ke berbagai wilayah di Indonesia. Pembangunan jalan tol dan jalan utama, perkembangan UMKM dan industri lokal di berbagai daerah, hingga rencana pemindahan Ibukota Negara Republik Indonesia, mendorong terciptanya pasar otomotif baru dimana konsumen menginginkan mobil yang lebih sesuai dengan kondisi sekitar serta kebutuhan mereka.

Ferdianto Budiono, Product Strategy Manager PT Honda Prospect Motor mengatakan, semakin banyak konsumen yang memilih SUV karena dianggap menawarkan berbagai kelebihan, seperti: ground clearance yang lebih tinggi, mesin yang lebih bertenaga, kabin yang lebih nyaman dan teknologi keamanan yang lebih canggih.

Honda telah melakukan riset untuk dapat menangkap apa yang diinginkan konsumen dari sebuah SUV, dimana hasilnya adalah sebagai berikut: fun to drive, teknologi, aktualisasi diri dan fungsi transportasi. “Honda telah menangkap keinginan dari konsumen akan sebuah model SUV yang unik, sesuai dengan karakter mereka yang berbeda-beda. Karena itu, Honda menciptakan Karakter SUV yang berbeda untuk Segmen yang Berbeda,” katanya dalam keterangan resminya.

Saat ini, Honda sudah mempunyai lini produk yang lengkap mulai dari SUV mulai dari Honda BR-V untuk pasar LSUV yang diperuntukkan sebagai mobil keluarga kekinian yang menghadirkan kenyamanan untuk seluruh penumpangnya, kapasitas kargo yang luas, mesin bertenaga terbesar di kelasnya, terjangkau serta Value For Money dan kini juga sudah dilengkapi dengan teknologi Honda Sensing.

Sementara untuk produk pasar MSUV ada produk Honda HR-V yang kini hadir dengan desain yang lebih stylish. Tidak hanya tampil stylish, Honda HR-V juga tampil dengan sentuhan yang lebih sporty dengan hadirnya varian RS untuk pertama kalinya dalam lini produk SUV Honda. Selain itu, Honda HR-V juga mempunyai tenaga terbesar di kelasnya dan sudah dilengkapi dengan teknologi Honda Sensing di semua variannya.

Untuk lini SUV, Honda CR-V mempunyai citra yang prestisius dimana mobil ini menjadi puncak dari lini SUV Honda di Indonesia. Selain itu juga didukung dengan mesin bertenaga terbesar di kelasnya yaitu 1.5 liter VTEC Turbo Direct Injection yang mampu menghasilkan tenaga hingga 190 PS, kemudian dilengkapi teknologi Honda Sensing.

Pasar SUV mempunyai potensi besar untuk terus berkembang ke depannya, dengan semakin banyak model SUV yang diperkenalkan di berbagai rentang harga. Honda terus mempelajari kebutuhan konsumen di Indonesia, salah satunya adalah dengan memperkenalkan SUV RS Concept, yang pertama kali debut di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 lalu dan saat ini diperkenalkan ke kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved