Automotive

Totalitas Pelanggan dengan Menjalankan Konsep Hansa Renkei

Totalitas Pelanggan dengan Menjalankan Konsep Hansa Renkei

Bermodalkan 126 cabang di seluruh Indonesia, Auto2000 mengelola database pelanggan yang begitu besar dan merupakan salah satu keuntungan menjalankan bisnis di era digital. Sebab, data konsumen merupakan tools yang sangat ampuh untuk menciptakan peluang dan meningkatkan pendapatan perusahaan.

Pendapatan dealer mobil Toyota ini berasal dari penjualan atau sales mobil baru , aktivitas bengkel, perbaikan teknis (General Repair, GR) maupun perbaikan bodi dan cat (Body and Paint, BP).

Untuk mengelola pelanggan tersebut, diterapkan konsep Hansa Renkei yang dalam Bahasa Indonesia berarti harapan pelanggan, sebuah sinergi antara tim sales dan after sales (GR dan BP) untuk memberikan layanan terbaik dan personal pada pemilik Toyota sehingga tersaji pengalaman berkesan, sehingga pelanggan puas.

Keberhasilan Hansa Renkei terletak pada kepiawaian dalam mengelola big data pelanggan dalam sistem terintegrasi yang bisa dimanfaatkan secara optimal oleh tim sales sebagai pelaksana utama, GR, dan BP. Kolaborasi antara seluruh front liner memberikan kemudahan pada pelanggan untuk mengakses seluruh layanan prima Auto2000 dan menciptakan peluang meningkatkan pendapatan.

Sebagai gambaran, pada April 2018 – Juni 2019, Auto2000 memiliki leads atau arahan penjualan 16.802 unit dari service advisor kepada sales advisor, dimana 14.144 diantaranya ditindaklanjuti dan berbuah penjualan sebanyak 624 unit. Atau dalam skala kecil, dari 32 peluang pembelian mobil baru dari service advisor kepada sales advisor di cabang Auto2000 Puri Kembangan, Jakarta Barat selama periode Januari – Juni 2019, 29 customer di-follow-up dan menghasilkan penjualan sebesar 14 unit mobil baru.

Angka tersebut juga menunjukkan bahwa peluang untuk meningkatkan penjualan masih sangat besar. Terbukti dari peningkatan leads atau peluang bulan Juli – Desember 2018 yang hanya 6.202 customer menjadi 10.218 customer di bulan Januari – Juni 2019, atau naik sekitar 65%. Sementara prospek yang dihubungi oleh sales juga meningkat dari 5.438 pelanggan menjadi 8.409 pelanggan, atau naik sekitar 55%.

Konsep Hansa Renkei terbukti sukses memberikan pengalaman unik pada pelanggan setia Auto2000 dalam pemilikan kendaraan yang berujung pada kepuasan dan terciptanya loyalitas terhadap merek Toyota.

“Konsep ini juga menciptakan sinergi yang optimal dalam menyajikan layanan memuaskan oleh seluruh front liner kami dan pemanfaatan database pelanggan yang efektif sehingga meningkatkan pendapatan perusahaan,” kata Ardian Nur, Operation Manager Auto2000 Wilayah DKI Jakarta 2 , (17/07/2019).

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved