Toyota Hiace, Penguasa Commercial Van

Layak bila Toyota Hiace, andalan baru dari Toyota di segmen commercial van menjadi sang panguasa.  Dari data  yang dikeluarkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) dalam bebebrapa tahun terakhir,  segmen commercial van tumbuhan pesat. Pada 2016 lalu, total penjualan di segmen ini mencapai 2.472 unit atau tumbuh sekitar 30 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 1.924 unit. Pada 2017, sampai Juli lalu, market di segmen ini sudah membukukan penjualan 1.474 unit, dimana 94,3 persen berasal dari penjualan Toyota Hiace.

Meski populasinya masih sedikit dibandingkan dengan low MPV (LMPV) namun di beberapa daerah wisata seperti Yogyakarta,  Bali (Denpasar), Jakarta, Angkutan penumpang atau pun rental mobil, Toyota Hiace  sudah mulai marak dan siap menggerus kompetitornya seperti Isuzu Elf dan Hino. Kehadiran kendaraan  11 penumpang ini makin diminati konsumen dan tidaklah mengherankan bila TAM  menghadirkan kembali mobil tersebut , kali ini varian terbaru yakni Hiace Luxury  tipe paling mewah.

Adanya Line up terbaru dari mobil penumpang ini membuat Hiace makin lengkap. Mulai tipe 2.5 Standard, 2.5 Commuter, dan kini hadir 2.5 Luxury. Tipe terakhir ini meluncur demi memenuhi ekspektasi pelanggan terhadap segmen commercial van sebagai kendaraan yang lebih lega, mewah, dan menyenangkan. Konsumen diberikan beberapa alternatif pilihan yang disesuaikan dengan kebutuhannya.

Menurut Fransiskus Soerjopranoto, Executive General Manager TAM, kehadiran varian ini diharapkan semakin menunjang kegiatan usaha pelanggan terutama yang bergerak di sektor transportasi dan pariwisata yang kian berkembang.  “Kendaraan ini handal untuk perjalanan jarak jauh, baik antar kota maupun untuk kebutuhan transportasi dalam kota. Ekspektasi terhadap Hiace semakin meningkat, karena mereka menghendaki kendaraan yang lebih lega, mewah, dengan fitur keselamatan Executive yang lebih lengkap,” katanya di sela-sela acara GIIAS lalu.

Toyota Hiace tipe Luxury terdiri dari 11 bangku. Mobil yang dikembangkan dengan konsep mewah dan menyenangkan tersebut memiliki tempat duduk captain seat pda baris pertama dan kedua. Bangkunya dibalut dengan kulit da4 arah. n dilengkapi dengan Ottoman dan sliding 4 arah. Bangkunya dilengkapi meja lipat dengan cup holder-nya. Selain head unit AVX6 inci pada sistem audio-nya, monil ini juga dilengkapi dengan fitur keselamatan di antaranya seperti : sensor parkir, Rrem ABS dan dual SRS airbags.

Hiace Luxury mengusung mesin tipe 2KD-FTV  Turbocharged  4-silinder, yang sudah mampu menghasilkan tenaga maksimal 102 PS dan torsi maksimum 26,5 Kgm. Mobil hadir dengan pilihan transmisi  manual  5-percepatan. Hiace dijual dengan harga Rp 365,80 juta (standar), Rp 408,80  juta (Commuter M) dan Rp 1,079 miliar (Hiace Ventury).

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)