Toyota Siapkan Rush dan Avanza Generasi Baru

Munculnya pesaing yang cukup potensial, seperti Xpander, membuat Toyota berbenah bersiap meluncurkan produk LMPV andalannya Toyota Avanza.  Mobil penumpang  generasi ketiga yang sudah diperkenalkan sejak 2011  tersebut rencananya  akan seberganti model di tahun 2018 mendatang.  “Nanti tunggu saja, yang jelas dimensinya lebih besar , mesin baru dan tetap menggunakan gardan karena sesuai dengan kondisi jalan di Indonesia, “ kata Roully Sijabat,  PR Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), disela-sela acara penghargaan Indonesia Best Brand Award (IBBA)  2017 (Rabu,4/10).

Spekulasi beredar  dan juga dilansir oleh beberapa media otomotif,  kelak Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia generasi mendatang akan memiliki desain yang berubah total menjadi lebih besar dan lebih gagah. Saat ini Avanza  memiliki dimensi panjang 4.1 meter,  dan ditengari pada model baru atau generasi keempat  mendatang panjang dari Avanza dan Xenia baru akan mencapai 4.4 meter seperti panjang kompetitornya, Wuling Confero S dan Mitsubishi Xpander.

Perubahan bodi, penggunaan mesin baru dan kemungkinan  penambahan berbagai fitur keselamatan diperkirakan harganya akan setara dengan  Mitsubishi Xpander  bahkan bisa lebih. Harga varian tertinggi Xpander  Rp 246 juta.

Konsep mobil baru dari Avanza maupun Xenia, pernah dipamerkan diajang GIIAS lalu 2017 di ICE lalu dengan nama DN Multisix Concept.  Pihak Daihatsu juga tidak mem”blow up” mobil tersebut adalah model Xenia Avanza kelak. Namun,menilik rancang bangun mobil tersebut yang masuk ketegori LMPV, banyak kalangan menilai itu adalah model baru Xenia –Avanza  generasi baru.

Selain Avanza dan Xenia,  TAM juga bakal merilis  Toyota Rush terbaru yang rencananya akan diluncurkan akhir tahun ini. Mobil low SUV ini  kabarnya akan bersaing dengan Honda HR-V dan Chevrolet Trax. Selain tidak memasang ban cadangan di pinti belakang, mobil ini masih menggunakan tarikan belakang dan mampu mengangkut tujuh peumpang.

Seperti halnya Avanza, Toyota Rush terbaru kemungkinan akan mengambil desain seperti mobil konsep Daihatsu yang pernah dipamerkan sebelumnya. Konsep ini juga pernah dipamerkan di ajang GIIAS lalu yakni Daihatsu SUV Concept.   Toyota Rush nantinya juga akan dirakit di pabrik Daihatsu dan memiliki kembaran bernama Daihatsu Terios.

Untuk mesin, Toyota Rush ini akan menggunakan mesin yang sama seperti yang dipakai Toyota Avanza Gen terbaru nanti. Rencananya, Low SUV ini  akan dirilis pada awal tahun 2018 mendatang. Perubahan pada Toyota Rush ini tentu saja akan diikuti sang kembaran yaitu Daihatsu Terios. (Rian S)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)