Automotive

Tumbuh Konsisten, Planet Ban Resmikan Toko ke-1000

Tumbuh Konsisten, Planet Ban Resmikan Toko ke-1000
(ki-ka) COO Planet Ban Deden Hendra Sakti, CEO Planet Ban Andi Harjoko dan CIO Planet Ban Wisnu Satrya dalam acara peresmian toko ke-1.000 Planet Ban, (24/8). (foto: Jeihan Kahfi/SWA)

PT Surganya Motor Indonesia yang menaungi Planet Ban sebagai jaringan toko sparepart motor modern baru saja meresmikan toko ke-1.000 sebagai pencapaian perusahan sekaligus momentum untuk terus berinovasi tanpa henti.

Toko yang terletak di Perum Grand Cikarang City D12, Cikarang, Kabupaten Bekasi ini menjadi bukti pertumbuhan pesat perusahaan sejak didirikan tahun 2011 melalui berbagai strategi bisnis termasuk diversifikasi lini usaha ke arah servis motor dan pengembangan produk mandiri yang telah dilakukan perusahaan, di luar penjualan ritel ban motor.

Chief Executive Officer Planet Ban Andi Haryoko menjelaskan bahwa peresmian toko ke-1.000 ini menjadi momen yang spesial setelah mobilitas masyarakat kembali meningkat pascapandemi. “Kesempatan ini juga kami jadikan momentum untuk meluncurkan komitmen #InovasiTanpaHenti dalam menghadapi tantangan terhadap pertumbuhan performa bisnis Planet Ban, dengan beragam inovasi dari segi peningkatan layanan maupun model bisnis, juga diversifikasi lini usaha diluar penjualan retail ban seperti jasa servis dan manufaktur Oli Xten, sehingga dapat menjaga konsistensi performa bisnis,” ujar Andi.

Dengan memastikan standar mutu layanan dan manajemen toko yang tetap terjaga, Planet Ban mampu mencatat lebih dari 1,5 juta motor (unik) yang telah diservis di toko-toko Planet Ban pada tahun 2021, dengan pertumbuhan rata-rata 86,7% Y.o.Y sejak Planet Ban pertama kali mengenalkan jasa servis di tahun 2018. Tak hanya sampai disitu, dalam 5 tahun terakhir pun Planet Ban terus bertumbuh dengan angka pendapatan rata-rata pertahunnya (CAGR) tercatat sebesar 28,2%.

Melihat ke belakang, awal mula berdirinya Planet Ban berangkat dari kesuksesan sebuah bazaar ban motor sederhana, yang kemudian dikembangkan menjadi sebuah entitas bisnis mandiri yang fokus pada penjualan ban motor secara ritel.

Berawal dari kesuksesan konsep private brand pada komersialisasi ban, Planet Ban mulai fokus mengembangkan produk-produk pendukung gaya hidup pengendara lain nya di penghujung tahun 2018 seperti oli, servis dan sparepart, secara mandiri. Planet Ban juga menjadi retailer pertama di Indonesia yang membuat dan memasarkan ban dengan konsep private brand alias merek dagang eksklusif yang hanya ada di Planet Ban.

Chief Operations Officer Planet Ban Deden Hendra Saktimenambahkan, seiring perusahaan tumbuh dan dipercaya banyak pihak, Planet Ban fokus menghadirkan #InovasiTanpaHenti, dari produk-produk pendukung gaya hidup pengendara di Indonesia.

“Berkat berbagai temuan secara mandiri tersebut, kini Planet Ban telah berhasil mendominasi pasar dan membukukan pertumbuhan bisnis yang kuat dan konsisten, bahkan ketika diterpa pandemi. Planet Ban selalu memberikan solusi terbaik bagi para pengendara motor dengan DNA yang selalu mengutamakan durabilitas tahan lama bagi seluruh lini produk dan layanan kami,” kata Deden.

Inovasi dari Planet Ban juga telah diakui oleh masyarakat Indonesia. Saat ini, Planet Ban telah mendominasi penghargaan Top Brand dalam kategori retail ban sepeda motor bagi masyarakat Indonesia selama 7 tahun berturut-turut, dengan mencatat angka Top Brand Index 2022 di 67,4%.

Sementara itu, menurut survei market share dari Frontier, produk inovatif Planet Ban yaitu Oli Xten yang dikembangkan menggunakan teknologi Ester buatan anak bangsa pun terus merangkak naik. Saat ini, Oli Xten menempati posisi 6 dalam market share pelumas di segmen konsumen (5,3%), dan posisi 7 di segmen Ojol (5,2%) di wilayah Jawa, Bali, Lampung dan Kalimantan Timur.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved