Brands IBBA

13 Tahun Jadi Merek Terbaik, Ini Kiat Garda Oto

13 Tahun Jadi Merek Terbaik, Ini Kiat Garda Oto

Garda Oto dari Asuransi Astra berhasil menjadi Merek Terbaik di kategori Asuransi Mobil dalam Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2015. IBBA adalah sebuah penghargaan bagi merek-merek terbaik di berbagai industri yang dibuat oleh Majalah SWA dan lembaga riset Mars.

Selama 13 tahun berturut-turut, Garda Oto selalu berhasil menjadi merek dengan raihan poin tertinggi di antara merek-merek lainnya dalam survei yang dilakukan oleh Mars.

Tahun ini, survei melibatkan 2.618 responden personal dan 2.625 responden rumah tangga di tujuh kota, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, dan Banjarmasin.

Selama Maret-Mei 2015, di ketujuh kota tersebut dipilih responden personal yang memiliki kriteria berusia 15-55 tahun dengan SES A-B-C-D-E. Sementara responden rumah tangga, dipilih yang memiliki kriteria berusia 25-50 tahun, menikah/pernah menikah, kelas sosial ekonomi A-B-C-D-E.

Metodologi survei dalam IBBA menggunakan riset kuantitatif, yaitu wawancara tatap muka dari rumah ke rumah lewat pemilihan responden berdasarkan multistage random sampling.

Tim Asuransi Astra saat menerima penghargaan IBBA 2015

Tim Asuransi Astra saat menerima penghargaan IBBA 2015

Riset tersebut bermaksud menentukan angka indeks melalui enam variabel penilaian. Variabel tersebut meliputi brand awareness (popularitas merek), ad awareness (popularitas iklan), brand value (tingkat kualitas merek), satisfaction & loyalty index (tingkat kepuasan & loyalitas pelanggan), market share (pangsa pasar), dan gain index (potensi pertumbuhan merek di masa mendatang).

Dari penilaian tersebut, Garda Oto mendapatkan brand value sebesar 54,4 dengan rata-rata brand value kategori asuransi mobil 28,8. Senior Vice President Asuransi Astra, Adrianto mengatakan, Asuransi Astra selalu berusaha memberikan layanan dan inovasi melalui berbagai produk, seperti Garda Oto.

“Sebagai bagian dari keluarga besar Asuransi Astra, saya berterima kasih kepada masyarakat yang tetap percaya bahwa inovasi dan layanan adalah kualitas terbaik dari sebuah merek,” kata dia dalam rilisnya.

Inovasi Asuransi Astra meliputi peningkatan kualitas layanan, akses, dan kemudahan. Ketiga hal inilah yang menjadi tumpuan keberhasilan Garda Oto dalam melalui berbagai tantangan hingga mampu menjadi pemimpin di pasar asuransi mobil.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved