IBBA

Adaptasi Program Pemasaran Pertamina di Era Pandemi

Adaptasi Program Pemasaran Pertamina di Era Pandemi
C.D Sasongko, VP Marketing Strategy PT Pertamina Patra Niaga

Pertamina sebagai BUMN yang menaungi distribusi bahan bakar minyak (BBM) ritel ke masyarakat melakukan penyesuaian di masa pandemi. Terutama peyesuaian terhadap perilaku konsumen yang cenderung lebih hati-hati dan lebih online minded. Selain itu juga tantangan dari perusahaan minyak & gas asing yang ada di Indonesia.

C.D. Sasongko, VP Marketing Strategy PT Pertamina Patra Niaga, mengatakan bahwa untuk menghadapinya, Pertamina berusaha memberikan new customer experience dengan memaksimalkan umbrella aplikasi digitalnya, yaitu MyPertamina. Melalui MyPertamina, jelasnya, pelanggan bisa mendapatkan tiga manfaat utama yakni pembayaran elektronik, Earning Point, dan Redeem Point.

Hal ini dilakukan, lanjutnya, sebagai bentuk adaptasi dari situasi sebelum pandemi Covid-19 yang lebih mengandalkan program komunikasi produk pemasaran ritel yang secara offline channel dan on ground activation untuk mencapai target sales produk. Melalui MyPertamina, pihaknya berupaya menjalankan creative marketing antara lain berupa promo dan reward bagi konsumen yang bertransaksi melalui Mypertamina.

“Jadi ketika pandemi melanda, kami melakukan positioning yang mengikuti perilaku konsumen terbaru yakni kebutuhan serba online, model bisnis berlangganan, layanan bebas kontak, peduli kesehatan, fokus pada harga dan kebutuhan,” ujar Sasongko dalam paparannya di acara INDONESIA BEST BRAND CONFERENCE & AWARDING 2021 yang diselenggarakan SWA bersama Mars Digital bertema “Brand Revival: Kebangkitan Merek-merek Terbaik di Era Bisnis Baru” pada Kamis (25/11/2021).

Kemudian dalam menjami pelayanan kepada masyarakat di lapangan, Pertamina setidaknya menerapkan tiga hal: jaminan kesehatan bagi petugas SPBU/SPBE/Awak MT/petugas lapangan, penyesuaian terhadap volume penjualan, penyemprotan disinfektan secara berkala di semua titik layanan, berkoordinasi dengan pengelola SPBU/SPBE agar semua layanan tetap beroperasi dan memaksimalkan kapasitas storage, serta kolaborasi dengan ojek online untuk layanan PDS 135.

“Selain itu, Pertamina juga mengadakan program #BerkahDiRumah antara lain berupa cashback, beli bright gas di rumah aja, dan promo lainnya. Yang tak kalah menarik, kami mengubah program on ground menjadi sebuah online show yaitu PetraShow,” jelasnya.

Dari upaya-upaya adaptasi tersebut, ungkap Sasongko, terjadi kenaikan pengguna MyPertamina sebesar 532.139 dan tercatat sudah 18 juta kali diunduh. Rencana ke depannya, tambahnya, melihat mulai meningkatnya mobilitas konsumen, omnichannel marketing menjadi pendekatan yang dipersiapkan oleh Pertamina, yaitu dengan mempertahankan kekuatan digital marketing dan meningkatkan performa offline marketing, di kanal online maupun offline event.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved