Inilah Strategi Penjualan Smartphone Samsung Bisa Melesat 101,4%

Angka penjualan smartphone Samsung melesat hingga 101,4% selama periode Agustus 2013 – Agustus 2014. Apa penyebab masyarakat begitu menggandrungi smartphone Samsung? Vebbyna Kaunang, Marketing Director Samsung Mobile, memaparkannya kepada Gustyanita Pratiwi dari SWA Online berikut ini:

Samsung-Vebbyana Vebbyna Kaunang

Apa yang dilakukan Samsung, sehingga mereknya menjadi no 1 dalam survei ICSA tahun ini? Konsep CS seperti apa yang dilakukan perusahaan Anda? Mohon diungkapkan strateginya secara detail?

Samsung selalu berkomitmen untuk memenuhi keinginan konsumen dan menghadirkan inovasi terdepan di setiap peluncuran produk baru kami. Kami melakukan survei dan studi terlebih dahulu terhadap target market setiap produk yang akan diluncurkan sehingga akhirnya tercipta inovasi yang memudahkan dan benar-benar dibutuhkan konsumen kami.

Apa arti kemenangan ini dan manfaat hasil survei ini bagi perusahaan Anda karena
mereknya menjadi jawara ICSA 2014 di industrinya?

Kami senang dengan kepercayaa yang diberikan konsumen dilihat dari hasil survei ICSA di tahun 2014, bahwa kami mendapat peringkat pertama dalam kategori smartphone, dan hal ini berarti kami akan terus mengevaluasi hal-hal yang memang menjadi kepuasan konsumen untuk terus ditingkatkan serta memperbaiki yang masih menjadi kekurangan kami.

Vebbyana Kaunang Vebbyna Kaunang

Apakah hasil ICSA ini memiliki korelasi terhadap pertumbuhan dan kinerja bisnis perusahaan Anda? Mohon angka/data pertumbuhan dan kinerja bisnis 2 tahun terakhir dan tahun ini?

Saya rasa ini ada korelasinya dengan perkembangan bisnis kami, karena semakin banyak konsumen yang percaya kepada kami tentunya semakin banyak juga produk kami di pasaran yang menjadi target pembelian konsumen di Indonesia. Hal ini juga bisa dilihat dari pertumbuhan market smartphone kami yaitu sebesar 101,4 % tercatat di bulan Agustus 2014, dibandingkan dengan Agustus 2013.

Bagaimana upaya Samsung dalam mempertahankan posisi yang sekarang ini, apa yang akan dilakukannya agar tidak disalip kompetitor?

Memenuhi keinginan konsumen juga artinya memperhatikan after sales service kami, serta memberikan konsumen suatu pengalaman lebih sebelum dan setelah memiliki produk kami. Dengan hadirnya Samsung Experience Store, konsumen dapat langsung merasakan pengalaman menggunakan produk-produk kami serta mendapatkan informasi yang lengkap.

Kami juga memberikan kejutan-kejutan setiap hari kepada pengguna produk kami dengan memberikan berbagai hadiah/keuntungan khusus yang terangkum dalam Galaxy Gift Indonesia. Selain itu, kami terus memperbaiki after sales service dengan selalu meningkatkan kinerja pelayanan pusat service kami yang tersebar di berbagai kota.

Mungkin ada hal lain yang ingin disampaikan lagi?

Dengan kepercayaan yang diberikan konsumen, Samsung akan terus memperbaiki kekurangan dan meningkatkan yang sudah menjadi kelebihan kami. Dan kami percaya setiap negara memiliki minat dan budaya yang berbeda-beda yang akan terus kami perhatikan di setiap aktivitas kami demi kepuasan konsumen di masing-masing negara. (***)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)