Brands zkumparan

Polygon, Konsisten Berinovasi dan Kembangkan Ikatan Emosional

Polygon, Konsisten Berinovasi dan Kembangkan Ikatan Emosional
William Gozali, Direktur Polygon Bikes Indonesia
William Gozali, Direktur Polygon Bikes Indonesia

Bicara sepeda, merek Polygon sudah cukup dikenal masyarakat Indonesia. Bahkan, ada yang mengira merek sepeda ini sebagai merek kuat asal luar negeri. Padahal, Polygon merupakan merek asli Indonesia.

William Gozali, Direktur Polygon Bikes Indonesia, mengatakan, di pasar Indonesia merek Polygon masih menjadi pemimpin pasar sepeda, baik dilihat dari volume penjualan, variasi produk, maupun jaringan dealer dan ritel yang dimilikinya. Ia mengklaim rata-rata pertumbuhan omset Polygon setiap tahun berkisar 15-20%.

Polygon rupanya bukan hanya berjaya di pasar nasional. Menurut William, di pasar Asia Pasifik, produk Polygon diakui dan mampu bersaing dengan merek sepeda terkemuka lainnya. Bahkan, di pasar internasional, seperti di Australia, Jerman, dan Inggris, merek Polygon juga cukup diperhitungkan dan sering mendapatkan penghargaan dari media internasional.

Keunggulan Polygon, menurut William, karena selalu berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Salah satu inovasi mutakhirnya adalah menghadirkan teknologi suspensi yang telah diakui dunia, yakni Floating Suspension System. Media Jerman, World of MTB, mengakuinya sebagai teknologi yang otentik dan berkontribusi terhadap inovasi teknologi buat kategori sepeda gunung (mountain bike/MTB).

Polygon telah mengeluarkan produk terbaru dengan seri XQUARONE, yang hadir dengan inovasi desain suspensi terbaru yang disebut-sebut sebagai pelopor di Indonesia, bahkan di dunia. Adapun seri Siskiu telah berhasil mendapatkan penghargaan bergengsi Bikerumor Editor’s Choice Awards 2018. Bikerumor merupakan salah satu portal sepeda online ternama di dunia. Seri Siskiu juga menjadi salah satu nominasi penghargaan The Best Value MTB of the Year dari Pinkbike.com –portal sepeda online terbesar di dunia– bersanding dengan beberapa merek sepeda global lainnya.

“Inovasi ini merupakan salah satu kunci bagi kami untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen,” kata William. Ia menjelaskan, target konsumen Polygon adalah semua kalangan peminat bersepeda dengan berbagai genre/kategori produk. Mulai dari kalangan non-cyclist (pemula), pehobi, kelompok antusias, hingga atlet sepeda. Adapun dari sisi profilnya, yang diutamakan adalah pria usia 25-45 tahun, kelas sosial B, berkarakter terbuka, serta menyukai hal baru dan aktivitas olahraga/kegiatan outdoor.

Selain berinovasi, menurut William, untuk memberikan layanan terbaik kepada konsumen, Polygon meregenerasi standar produksi di pabrik melalui investasi alat dan teknologi tinggi dalam proses produksinya. Jaringan distribusi mandiri juga diperluas agar dapat mengontrol kualitas produk hingga ke pengiriman akhir. Di tahun 2019, Polygon telah memiliki sekitar 500 dealer yang tersebar di seantero Indonesia, plus 41 gerai Rodalink yang tersebar di beberapa kota.

Mengenai program yang terkait langsung dengan pelanggan, Polygon membuat aneka program seperti test ride dengan pemilihan daerah sesuai dengan permintaan pelanggan. Untuk konsumen yang tergabung dalam komunitas, Polygon berusaha mendukung kegiatan mereka. Selain itu, dengan modal database pelanggan yang dimilikinya, secara reguler Polygon mengirimkan informasi produk, tip, dan program berhadiah.

Untuk memperkuat aktivitas pemasarannya, Polygon menggandeng sebanyak mungkin figur influencer, misalnya dengan membuatkan komunitas di area mereka. Polygon menggunakan pendekatan persuasif kepada calon pelanggan, dengan mengedepankan konsep gaya hidup (lifestyle), pengalaman bersepeda (experience), dan cerita menarik (story) di balik pengalaman bersepeda.

Agar bisa masuk ke kalangan milenial, Polygon menggandeng influencer dari kalangan milenial pula. Di samping itu, juga menyodorkan produk-produk dengan desain yang modern dan warna -warna yang catchy.

William menuturkan, salah satu langkah strategis yang sedang dijalankan Polygon adalah membangun dan meningkatkan ikatan emosional dengan pelanggan. Itulah mengapa Polygon merilis slogan citra terbarunya: “Lead Your Own Path”. Kalimat ini, kata William, dimaksudkan untuk memberikan motivasi kepada setiap individu untuk menjalani hidup dengan penuh semangat, serta berani menentukan tujuan hidupnya dan terus bergerak maju.

“Polygon akan mengemas berbagai kegiatan yang mampu menginspirasi,” kata William lagi.

Dari sisi Polygon sebagai produsen, slogan citra itu memacunya untuk berkomitmen terus menghadirkan produk yang inovatif dalam rangka memenuhi kebutuhan konsumen. (*)

Joko Sugiarsono & Andi Hana Mufidah Elmirasari

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved