Derry Primasta Octa , Mengoordinasikan HR dan IT

Derry Primasta Octa, Koordinator HR Information System Coordinator PT Pertamina Hulu Mahakam

Terhitung sudah tujuh tahun Derry Primasta Octa berkarier sejak perusahaannya masih berbendera Total E&P Indonesie sebelum diakuisisi Pertamina, dan menjadi PT Pertamina Hulu Mahakam. Derry memulainya sebagai MT Human Resources (HR) pada 2011. Kemudian, ia ditempatkan di bagian Data Management – HR Business Partner. Setahun berselang, menjadi Koordinator Learning Program.

Di sinilah prestasi Derry mulai terukir. Ia mengampanyekan e-learning di Total E&P Indonesie untuk pertama kalinya. Selain itu, membuat Pre-Employment training dan menangani bagian Operator & Technician Program. Untuk pertama kalinya juga di perusahaannya, ia berhasil mempromosikan seorang teknisi perempuan. “Berkesan sekali bagi saya, mencetuskan operator dan teknisi perempuan Indonesia pertama. Belum pernah ada karena pekerjaannya membutuhkan fisik yang sangat luar biasa,” katanya mengenang.

Mengemban posisi saat ini sebagai Koordinator HR Information System, kelahiran Cirebon 31 tahun lalu ini bertugas mengatur dan mengoordinasikan sistem yang mendukung HR. Ia membuat sejumlah pembaruan online internal untuk applicant, seperti CV dan appraisal, juga menambahkan fitur di e-administration. Ia menyebutnya Go-Live Projects, yang di dalamnya terdapat succession planning yang terdiri dari Job Succession Planning untuk membantu transfer karyawan, dan Individual Development Planning untuk profiling karyawan. “Misalkan, ada karyawan yang mau direkrut oleh afiliasi Pertamina lain. Dahulu ini masih manual berupa paper, sekarang sudah online,” katanya.

Menurut Derry, visi seorang leader bisa dicapai ketika bisa menyiapkan organisasi dan human capital dengan baik. Pemimpin perlu melakukan empat hal dalam menghadapi tantangan zaman sekarang, yakni leading by example, creating agile & reliable workforce, dan advancing digitalization. “Jangan ada jarak antara employee dan hierarki. Leader harus memimpin tim dengan bekal ilmu,” ujarnya tandas.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)