Consultation Consultation Marketing

Strategi Pemasaran Inbound & Domestic Tour

Strategi Pemasaran Inbound & Domestic Tour

Saya bekerja di tour and travel segagai Inbound Sales Manager, Saya ingin menanyakan strategi pemasaran yg paling cocok dan efisien untuk hal ini,karena saya bertugas mendatangkan wisatawan dari luar negeri/daerah, sedangkan biaya kesana cukup tinggi, sehingga saya max cuma 2 kali ke luar negeri. Mohon sarannya.

Salam Sukses!

Mahendra Surya Satya Nugraha

Jawaban:

amalia

Amalia E. Maulana

Dear Hendra,

Sebenarnya pemasaran di tour agent cukup kompleks, dan bukan hanya satu dua tour agency saja yang harus menggarap pasar di luar negeri, melainkan harus melakukannya secara bersama-sama melalui asosiasi.

Memasarkan pariwisata sebuah Negara ada kaitannya dengan image Negara, karenanya Asosiasi Tour Agent/Pariwisata juga perlu bekerja sama dengan pemerintah (dari departemen mana saja, atau kumpulan dari departemen). Karena ada shared objectives yang dikejar, yaitu (1) image building tentang negara, bahwa negara ini memang pantas jadi obyek wisata, (2) untuk meraup devisa dari turis asing/pariwisata.

Mencapai target audience turis asing sebenarnya tidak mutlak harus selalu dengan cara promosi atau exhibition. Sekarang apapun bisa dilakukan via campaign di Internet. Kalau mau dikerjakan secara serius, bisa dilakukan jarak jauh, dan dengan biaya yang relatif lebih rendah.

Pada online campaign ini berarti ada dua level, yaitu level promosi secara umum tentang Indonesia, dan yang kedua level perusahaan, mengapa tour agent Anda adalah partner yang baik bagi target audience tersebut.

Dalam campaign ini sebenarnya bisa di-grab langsung dua arah, yang pertama adalah B2B yaitu partner agen2 lain di Negara yang dituju, dan yand kedua B2C, direct langsung ke pengunjungnya.

Selamat beraliansi dengan banyak pihak. Ini memang pekerjaan multi-dimensi. Good luck.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved