Covid 19

Ini Cara XL Mencegah Penyebaran Covid-19

XL Axiata memastikan protokol kesehatan diterapkan secara ketat dalam pelayanan pelanggan di XL Center di seluruh Indonesia. Perusahaan telah menerapkan tatacara baru di pusat layanan pelanggan untuk mengurangi interaksi langsung pelanggan dengan petugas dan perangkat layanan lainnya. Dari saat datang, pelanggan diminta mencuci tangan, menggunakan masker, dan mendapatkan nomor antrian melalui SMS.

Dengan menggunakan nomor antrian melalui SMS, pelanggan bisa memperkirakan waktu menunggu giliran mendapatkan pelayanan petugas, sekaligus mengurangi penumpukan pelanggan di ruang tunggu. Meja layanan juga disekat dengan kaca akrilik yang membatasi petugas dengan pelanggan. Selain itu, penyemprotan desinfektan juga dilakukan setiap hari.

Namun tidak bisa dihindari, virus ini bisa menyerang siapa saja. Pada awal Oktober, tersebar informasi bahwa salah satu cabang XL Axiata di Sleman ada karyawanya yang terkena Covid-19. Tapi informasi tersebut tidak benar. Perusahaan menegaskan bahwa yang tertular bukan karyawan XL Axiata tapi sejumlah karyawan perusahaan mitra XL Axiata yang berlokasi di wilayah Kabupaten Sleman yang positif Covid-19.

Manajemen XL Axita memastikan tidak ada satu pun karyawan yang bertugas di area Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya, termasuk Sleman, yang terpapar Covid-19.

Rd. Sofia Purbayanti, Group Head Central Region XL Axiata pun menjelaskan bahwa meskipun memiliki hubungan kemitraan, namun kedua perusahaan tidak dalam satu manajemen, karena itu pula karyawan perusahaan tidak di bawah manajemen XL Axiata, kantor keduanya juga terpisah.

Sofia mengatakan XL Axiata sejak awal berjangkitnya pandemi ini telah menerapkan sistem monitoring yang ketat terhadap kondisi kesehatan setiap karyawannya yang tersebar di seluruh Indonesia. Protokol kesehatan juga selalu menerapkan secara ketat sesuai regulasi yang berlaku, baik nasional maupun di setiap daerah tempat kantor XL berada.

“Protokol kesehatan mengikat semua karyawan, baik yang masih harus bekerja di kantor maupun di rumah. Protokol juga kami terapkan dalam memastikan kondisi keamanan kantor dan semua fasilitas kerja kami,” ujarnya.

Sofia melanjutkan, terkait kasus yang terjadi di Yogyakarta di atas, pada tanggal 13 Oktober 2020, Dinas Kesehatan Sleman telah menginspeksi secara langsung XL Center Yogyakarta yang berlokasi di Jalan Laksda Adi Sucipto no.163, lantai 1, Sleman. Juga telah dilakukan wawancara dengan petugas facility management kantor. Hasilnya, XL Center Yogyakarta dinyatakan aman dan sudah menjalankan protokol kesehatan sesuai yang dianjurkan oleh pemerintah.

Terkait kasus Covid-19 yang terjadi ini, Tri Wahyuningsih Group Head Corporate Communications XL Axiata menjelaskan, pertama, perusahaan Mitra XL Axiata yang berkantor di Sleman, di mana sejumlah karyawannya ditemukan positif Covid-19, adalah yang menangani layanan call center untuk pelanggan dan masyarakat. Artinya tidak ada kontak dengan karyawan XL Axiata dan juga masyarakat.

Kedua, lingkup kerja layanan call center yang dilakukan perusahaan tersebut tidak berhubungan atau beinteraksi fisik secara langsung dengan pelanggan. Mereka menghubungi pelanggan melalui telepon. Ketiga, sektor telekomunikasi merupakan salah satu sektor vital selama pandemi, yang membutuhkan dukungan operasional selama 24 jam penuh, termasuk untuk layanan call center. XL Axiata selalu memastikan layanan call center tetap beroperasi secara normal untuk memberikan layanan kepada masyarakat.

Keempat, XL Axiata terus melakukan koordinasi dengan manajemen perusahaan mitra tersebut dan juga Dinas Kesehatan Sleman untuk memastikan seluruh protokol kesehatan dipatuhi sesuai dengan anjuran pemerintah. XL Axiata juga memprioritaskan kesehatan para agen yang berada di dalam mitra dengan memberikan dukungan kesehatan baik fisik maupun mental dengan melakukan tata kelola sesuai regulasi, serta pemberian vitamin dan dukungan lainnya.

Kelima, pada tanggal 5 Oktober 2020, XL Axiata sudah melaksanakan sterilisasi kantor dan disinfektan menyeluruh, serta melakukan tes kesehatan kepada semua karyawan yang bertugas di wilayah DI Yogyakarta dan sekitarnya, termasuk di Sleman. Hasilnya, semua karyawan XL Axiata tidak ada yang reaktif Covid-19.

Dan pada tanggal 13 Oktober 2020, Dinas Kesehatan Sleman telah menginspeksi secara langsung XL Center Yogyakarta yang berlokasi di Jalan Laksda Adi Sucipto no.163 (Lt.1), Sleman. Hasilnya, XL Center Yogyakarta dinyatakan aman dan sudah menjalankan protokol kesehatan sesuai yang dianjurkan oleh pemerintah.

“Kami berkomitmen untuk terus menerapkan protokol kesehatan secara ketat kepada setiap karyawan dan mitra kerja guna mencegah penularan Covid-19, baik di dalam maupun di luar lingkungan perusahaan,” tandas Ayu.

Digitalisasi layanan merupakan upaya XL Center mendukung pemerintah mencegah penyebaran Covid-19 dengan menghadirkan Layanan Online XL Center

Untuk diketahui, dalam upaya mencegah penyebaran virus Covid-19, XL Axiata melakukan terobosan-terobosan dalam layanan. Salah satunya dengan mendorong penggunaan teknologi digital, hal ini juga dalam rangka meningkatkan level pelayanan kepada pelanggan dengan menghadirkan Layanan Online XL Center. Jadi semua layanan yang pelanggan bisa dapatkan di gerai XL Center dan Xplor, kini bisa dilakukan secara online di inovasi baru XL Axiata yang diluncurkan bertepatan di Hari Pelanggan Nasional pada 4 September lalu.

Direktur Komersial XL Axiata David Arcelus Oses mengatakan, sekarang pelanggan bisa melakukan reaktivasi kartu yang hangus maupun ganti kartu ecara daring . “Walau kami menyediakan layanan online yang baru ini, pusat layanan XL Axiata yang telah ada sebelumnya masih tetap kami sediakan, seperti saluran telepon 817, ataupun datang ke XL Center yang tersebar di 96 lokasi di seluruh Indonesia maupun mengakses layanan melalui saluran Virtual Assistant XL dan media sosial, jelasnya. Bagi pelanggan XL Priorias bisa menghubungi melalui layanan Live Chat yang tersedia di website dan aplikasi myXL Postpaid.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

# Tag


    © 2023-2024 SWA Media Inc.

    All Right Reserved