PPKM Diklaim Dapat Kendalikan Penularan di Tingkatan Terkecil

Saat ini pemerintah sedang befokus pada penerapan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro untuk Pulau Jawa dan Bali untuk memperlambat penyebaran virus Covid-19.

"Dengan PPKM pemerintah berharap akan menekan kasus penularan yang ditimbulkan akibat periode libur panjang yang akan terlihat pada 2 hingga 3 minggu ke depannya," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito.

Kebijakan PPKM Mikro merupakan salah satu upaya pengendalian penularan di tingkat terkecil. "Selain itu pemerintah terus berupaya memastikan ketersediaan fasilitas dan tenaga kesehatan, sehingga pelayanan yang diberikan kepada pasien secara maksimal," kata dia.

Selain program tersebut, pemerintah kini sedang mengakselerasi program vaksinasi yang saat ini memasuki tahap 2. Selain itu, pemerintah telah mengantisipasi dampak akibat adanya libur panjang, dengan memastikan ketersediaan tempat tidur baik ruang ICU dan isolasi pada fasilitas-fasilitas kesehatan. "Untuk libur panjang yang akan datang, tetap akan dilakukan pembatasan kegiatan dan mobilitas untuk mencegah penularan," ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)