Trends Covid 19

Super Indo Jaga Kenyamanan dan Keamanan Berbelanja

Johan Boeijenga, Chief Executive Officer pada konferensi pers virtual (18/05/2020)

Super Indo berkomitmen menjaga keselamatan dan kesehatan karyawan serta pelanggan sebagai fokus dan prioritas utama di masa pandemi COVID-19. Berbagai upaya dilakukan dalam mengatasi krisis ini dengan menerapkan strategi dan inisiatif yang menguntungkan masyarakat dengan membantu karyawan dan pelanggannya, serta memastikan dampak positif ekonomi secara umum.

“Kami percaya bahwa yang terpenting di masa pandemi ini adalah tetap fokus pada hal-hal positif dan pada perubahan yang memberikan manfaat. Kita semua terlibat dalam permasalahan ini, dan kita hanya bisa berhasil jika kita bersama. Kami percaya setiap orang memainkan peran masing-masing,” kata Johan Boeijenga, Chief Executive Officer pada konferensi pers virtual (18/05/2020).

Johan mengungkapkan meski tanpa menyebut tingkat pertumbuhannya, Super Indo mengalami peningkatan penjualan sejak wabah virus merebak. Diakuinya kala itu masyarakat terjadi panic buying, namun seiring waktu, lonjakan tersebut kembali normal. Dan saat Ramadan ini, memang penjualan kembali meningkat. Terutama untuk berbagai produk daging, minyak goreng, makanan kalengan, dan sirop.

Sejak pemerintah menerapkan langkah-langkah pencegahan penyebaran COVID-19 ini, Super Indo pun melakukan berbagai upaya dalam seluruh kegiatan operasional sesuai dengan anjuran Pemerintah RI dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Upaya ini dilakukan sebagai bentuk komitmen Super Indo kepada masyarakat untuk tetap bisa melayani dan memenuhi kebutuhan pokok serta barang penting lainnya.

D. Yuvlinda Susanta, Head of Corporate Affairs & Sustainability sebagai salah satu industri yang harus tetap beroperasi untuk melayani kebutuhan masyarakat, Super Indo berkomitmen untuk memastikan keselamatan dan kesehatan karyawan dan pelanggan dengan menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah dan WHO. Serta terus berkoordinasi dengan Pemerintah di tingkat kota dan provinsi untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Tindakan preventif yang dilakukan Super Indo di kantor pusat, gerai dan distribution center yaitu penyedian materi komunikasi dan edukasi secara lengkap serta penerapan protokol kesehatan dan keamanan bagi karyawan dan pelanggan antara lain melakukan pengecekan suhu tubuh, pembagian masker dan vitamin kepada karyawan setiap hari, penyemprotan cairan disinfektan secara berkala, penggunaan masker juga face shield diseluruh area kerja.

“Kami juga membuat kebijakan untuk membatasi pengunjung yang berbelanja di dalam gerai, pemasangan layar pelindung di area kasir, pemasangan stiker jaga jarak aman di dalam gerai, penyediaan tempat cuci tangan, hand sanitzer dan tissue basah yang dapat digunakan pelanggan dan masih banyak lagi. Khusus bagi karyawan yang bekerja di kantor pusat atau pun kantor cabang, Super Indo menerapkan konsep Bekerja dari Rumah. Karyawan yang mendaftar untuk Bekerja Dari Rumah akan mengikuti prosedur khusus yang telah ditetapkan, termasuk di antaranya melakukan virtual meeting rutin dengan atasan atau pun tim kerja,” jelas Yuvlinda.

Sebagai bentuk kepedulian, Super Indo menjalankan kegiatan Corporate Responsibility guna membantu Pemerintah, tenaga medis dan masyarakat yang terdampak secara kesehatan dan ekonomi melalui beberapa tahap. Pertama, memberikan bantuan kemanusiaan berupa sarung tangan medis serta susu siap minum untuk tenaga medis melalui Gugus Tugas Provinsi DKI Jakarta dan RS Persahabatan.

Lalu tahap selanjutnya, pada 20 Mei 2020 nanti Super Indo akan memberikan ambulance khusus infeksi yang dapat digunakan untuk penanganan pasien COVID-19 melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Agar donasi kemanusiaan dapat memberikan manfaat yang lebih luas, Super Indo juga bekerja sama dengan BenihBaik.com dalam distribusi bantuan ke tujuh wilayah yang terdampak cukup tinggi antara lain Provinsi Banten, Provinsi Jawa Barat, Kota Semarang, Provinsi Yogyakarta, Kota Surabaya, Kota Palembang, dan Provinsi Lampung.

“Sebagai bentuk implementasi dari nilai perusahaan yaitu menjadi ‘tetangga yang lebih baik’, Super Indo memberikan bantuan kemanusiaan yang didistribusikan melalui Pemerintah setempat, atau Gugus Tugas daerah. Agar dapat terdistribusi lebih cepat, kami juga menggandeng BenihBaik.com yang didirikan Andy F Noya. Bantuan diutamakan bagi tenaga medis yang merupakan garda terdepan dan masyarakat yang terdampak parah,” kata Yuvlinda.

Super Indo juga mengajak pelanggan untuk dapat berdonasi melalui program “Sama-sama Berbagi Berkah” yang nantinya akan disumbangkan melalui yayasan dan panti di sekitar gerai Super Indo. Juga, meluncurkan layanan online tambahan yaitu pemesanan daging dan pengiriman hampers lebaran yang dapat dilakukan melalui aplikasi WhatsApp.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved