Analisa Perubahan Transformatif Pasca-Pandemi di Indonesia

Beberapa pelaku bisnis, analis, dan pakar prop-tech dari seluruh Asia-Pasifik mengadakan pertemuan jarak jauh secara virtual membahas keadaan serta prospek sektor properti Indonesia, terkait pandemi dan banyaknya peraturan perundang-undangan yang akan datang, kebijakan, serta hal-hal lain yang banyak diperbincangkan untuk perubahan.

Diskusi bertajuk “Indonesia & Asia in Transition: Post-Pandemic and Beyond” digelar oleh KADIN (Kamar Dagang dan Industri Indonesia). Diskusi berfokus pada pemulihan prospek properti dan dampak pandemi terhadap ekonomi di Indonesia serta prospek pasar properti saat ini hingga jangka menengah.

Pembahasan tersebut didukung dengan pembukaan kembali Tiongkok beberapa minggu lalu bersamaan dengan pembahasan mengenai investasi lintas negara, yaitu Tiongkok di Indonesia. Sesi ini juga membahas  omnibus bills, dampak yang diproyeksikan pada kemudahan melakukan bisnis, dan perubahan legislatif lain yang siap menghidupkan kembali sektor properti di Indonesia.

Pembicaranya adalah Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia; Dr Wahyu Utomo, MS, Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang; Setyono “Djuandi” Darmono, Founder & Chairman Jababeka; Budiarsa Sastrawinata, Direktur Pelaksana Ciputra; Doddy A. Tjahjadi,  CEO PTI Architects / Ketua Juri PropertyGuru Indonesia Property Awards, Hendro S. Gondokusumo, Deputy Chairman KADIN Property dan lainnya.

Gondokusumo menjelaskan, dalam situasi pandemi ini, kita perlu berani melangkah untuk perubahan. Tidak ada yang bisa memprediksi kapan hal ini akan berakhir. Itulah sebabnya setiap gerakan positif dari pemerintah diperlukan untuk mendorong ekonomi. Karena industri properti mampu memicu 175 industri pendukung lainnya, sangat penting bagi pemerintah untuk memperhatikan sektor ini, termasuk salah satunya adalah undang-undang omnibus.

"Undang-undang omnibus dan kebijakan-kebijakan lain yang sangat dinanti-nantikan harus menandai titik balik bagi sektor properti Indonesia hingga tahun depan dan sisa dasawarsa ini. KADIN siap merangkul pergeseran paradigma ini dan membantu perusahaan-perusahaan yang membutuhkan,” jelas Gondokusumo.

Sebelum diskusi utama mengenai keadaan dan pemulihan pasar properti, dua pidato utama disampaikan oleh Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia; dan Dr. Wahyu Utomo, MS, Wakil Menteri Pembangunan Wilayah dan Koordinasi Perencanaan Tata Ruang.

Jules Kay, Direktur Pelaksana PropertyGuru Asia Property Awards and Event, berujar, reformasi regulasi akan berfungsi sebagai katalisator untuk perubahan transformatif di Indonesia tetap menjadi salah satu pasar properti PropertyGuru Asia Property Awards paling menonjol, meskipun ada tantangan dari krisis kesehatan global. Pelajaran yang diperoleh dari ahli pasar dan pemimpin selama pertemuan virtual ini akan membekali investor, pengembang, arsitek, dan profesional industri lainnya dengan pembelajaran yang dapat ditindaklanjuti, karena pasar properti Indonesia sedang bersiap untuk pemulihan yang kuat dan cepat.

Seri baru dari PropertyGuru Indonesia Property Awards hadir di tengah proyeksi jangka panjang untuk kemajuan ekonomi. Doddy A. Tjahjadi mengatakan, "Pertumbuhan ekonomi di Indonesia telah stabil selama 10 tahun terakhir. Indonesia tidak lama lagi akan menjadi salah satu dari 10 ekonomi terbesar di dunia."

Bersamaan dengan para panelis ahli, Tjahjadi akan memimpin pertemuan terfokus dan inspeksi lokasi dari peserta kompetisi dengan pengawasan teliti dari BDO, salah satu auditor dan firma akuntansi terbesar di dunia. Di bawah kepemimpinan Indrotjahjono S., mitra untuk valuation services dengan BDO Indonesia akan memastikan keadilan dan transparansi dari PropertyGuru Indonesia Property Awards ke-6, yang telah dikenal karena memiliki kriteria yang ketat, etis, dan tidak bias.

Masyarakat umum diajak untuk menyampaikan nominasi mereka secara online hingga 28 Agustus 2020 melalui asiapropertyawards.com/nominations. Sementara entri akan diterima hingga 11 September.Penghargaan tahunan PropertyGuru Indonesia Property Awards yang ke-6 ini didukung oleh sponsor platinum, Kohler; pengawas resmi BDO; majalah PropertyGuru Property Report; mitra amal i Right to Play; mitra PR, Dreamhub Consultants; dan Rumah.com.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)