Crown Group Akan Bangun Proyek Pertama di Jakarta

Setelah bertahun-tahun menggarap properti di Australia, akhirnya Crown Group akan mengembangkan proyek pertamanya di Jakarta. PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk dan Crown Group telah melakukan penandatanganan kerja sama pembangunan hunian vertikal mewah di kawasan Ancol pada 7 Mei 2017.

“Momen paling kami tunggu setelah lima tahun kami ‘pulang kampung’ membuka kantor di Indonesia. Tidak mudah menemukan partner yang sejalan. Proyek ini besar, di Indonesia hanya butuh 5 tahun untuk proyek sebesar Rp 7 triliun ini, sedang ketika kami membangun di Sydney butuh waktu 10 tahun untuk proyek dengan pipeline senilai itu,” kata Iwan Sunito, Komisaris dan Group CEO Crown Group.

Seperti bisul pecah, Iwan sepertinya bahagia akhirnya proyek pertamanya ditandatangani dan akan dimulai. Apartemen ini  akan dibangun di atas lahan seluas 4,7 hektar dengan konsep Luxury Water Front Living. “Ancol memiliki keunggulan berlokasi di tepi pantai, ditambah kami dapat berkolaborasi dengan pengembang sekelas Crown yang memang ahli di bidangnya. Kami berharap dengan konsep mixed use dengan water front lifestyle kelas dunia dapat menambah nilai kawasan Ancol,” kata C. Paul Tehusijarana, Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk. Ia kemudian menyebut untuk kerja sama ini porsi Ancol 49% dan Crown Group 51%, serta menegaskan bahwa lahan yang digunakan bukanlah lahan reklamasi.

Paul mengungkapkan, memang benar ini proyek permulaan, ke depan bisa saja ada potensi kerja sama lagi. “Masih ada beberapa bagian Ancol yang bisa dikembangkan. Pembangunan proyek ini juga kan butuh waktu, sepanjang sudah selesai bisa saja berlanjut,” katanya.

“Bukan permulaan yang kecil, secara number of unit total 3.000 unit, “ kata Iwan. Tower yang pertama dibangun adalah sea front low rise yang ditawarkan terbatas 200-300 unit saja. Ia yakin akan terjual hanya dalam sehari saja untuk tower pertama ini. Proyek prestisius ini akan terdiri dari beberapa tower unit apartemen mewah dengan fasilitas yang water front pertama di Indonesia seperti yacht club, water front promenade dan fasilitas komersial eksklusif.

Proyek pembangunan water front ini dapat dikatakan perwujudan dari kawasan water front Sydney yang terkenal di dunia seperti darling harbour dan circular quay dalam pembangunan hunian vertikal mixed-use dengan konsep water front pertama di Jakarta. Iwan ingin Indonesia memiliki master piece property water front saat orang-orang melihat proyek ini. Seperti yang ada di Dubai, Singapura, atau Sydney Australia.“Apartemen ini akan menjadi representasi dari DNA Crown Group dengan konsep Substance, Prestige, Architectural Intelligence, Commercial Value & Experience atau disingkat SPACE” jelas Iwan.

Proyek  yang akan mulai dipasarkan pada awal tahun 2019 ini, memanggil arsitek muda Indonesia untuk mengikuti kompetisi desain. Menurut Iwan, seperti proyek-proyeknya di Sydney, Crown Group selalu mengadakan kompetisi desain. “Tiga dari luar negeri, satu dari lokal,” katanya. Ia ingin mewujudkan desain kelas dunia dengan futuristik Jepang, tapi tetap mengedepankan sisi keindahan tradisional. Untuk kompetisi tersedia dana  Rp 300-500 juta per tender bagi yang terbaik untuk 1-3 bulan penyelesaian desain. "Kami selalu memperhatikan desain yang cocok dengan konteks lokal dan ada meaning untuk Indonesia. Proyek ini akan terlihat trendy dan younger,” katanya.

Dijual dengan harga Rp 30-35 ribu per meterpersegi, Iwan menegaskan bahwa Crown Group tidak tertarik membuat gedung yang murah, tapi terjangkau. “Produk kami middle to upper, tapi dengan kualitas yang kami suguhkan sangat bagus, tidak heran produk-produk kami dipersepsikan premium. Kami juga akan membangun perkantoran water front, yang terbatas jumlahnya terutama untuk para startup atau coworking space,” ujarnya sambil mengatakan sedang ada penjajakan dengan jaringan hotel global. “Proyek Crown Group ini juga merupakan call to action untuk para diaspora untuk kembali membangun Indonesia bersama-sama,” tegas Iwan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!