Ini Jawara-Jawara Green Properti Award 2018

Tahun ini untuk ke 10 kalinya majalah HousingEstate menggelar Green Property Awards (GPA) 2018. Menurut Nirwono Joga MLA, Juri GPA 2018, tahun ini GPA memberikan penghargaan kepada 11 proyek dari 9 perusahaan developer.

Diakui Nirwino, untuk GPA penilaian mencakup delapan kriteria yaitu penataan ruang kawasan sesuai aturan, energi hijau, desain bangunan hijau, pengelolaan air, sistem pengelolaan sampah dan limbah, transportasi umum, ruang terbuka hijau, dan partisipasi warga.

GPA merupakan ajang apreasiasi untuk mendorong perusahaan developer menerapkan konsep eco friendly dalam pengembangan proyeknya, kendati insentif dan keseriusan pemerintah mendukungnya masih minim, dan keseriusan developer juga naik turun. Developer perlu terus didorong menjadi ramah lingkungan karena real estate adalah proyek yang mengubah lahan terbuka dan vegetasi menjadi bangunan.

Nirwono menambahkan konsep TOD dan fitur smart home tahun ini ada sedikit kemajuan menyusul masifnya pembangunan moda transportasi umum massal oleh pemerintah di kota-kota besar seperti megapolitan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi). "Banyak proyek dikembangkan dengan konsep terintegrasi transportasi massal, sehingga transportasi massal dipromosikan sebagai selling point utama proyek hunian dan moda utama penghuninya," katanya.

Contohnya, apartemen Podomoro Golf View di Gunung Putri, Bogor, di jalur tol Jagorawi yang akan dilintasi kereta ringan atau light rail transit (LRT) Cibubur-Bogor. Bahkan, proyek dari PT Agung Podomoro Land Tbk (APL) ini bukan sekedar terintegrasi dengan stasiun LRT itu di Gunung Putri, tapi juga dikembangkan dengan konsep TOD.

Kemajuan lain, banyak desain hunian yang dirancang bukan hanya eco friendly dengan berupaya mengoptimalkan pemanfaatan sirkulasi udara dan cahaya alami ke dalam ruang-ruangnya yang menghemat energi, tapi juga dilengkapi fitur smart home yang memungkinkan penghuni mengontrol penggunaan energi di rumah dari mana saja lewat gawainya.

Salah satu contoh proyeknya, perumahan Savasa (37 ha) besutan Panasonic Homes di Indonesia di Kota Deltamas, melalui perusahaan joint venture PT PanaHome Deltamas Indonesia, joint venture PT Panasonic Homes Gobel Indonesia dan PT Puradelta Lestari Tbk (Sinar Mas Land), pengembang kawasan industri dan hunian Kota Deltamas (3.177 ha) di Cikarang, Bekasi (Jawa Barat). Setiap rumah di Savasa dilengkapi fitur canggih seperti Panasonic Home Network System dan sistem penyaring udara Puretech. Rumah diklaim 97 persen bebas debu, kotoran, dan polusi yang berbahaya karena udara yang masuk telah disaring oleh Puretech.

Penghargaan lain, yaitu “HousingEstate Awards” kepada proyek properti yang mencatat penjualan bagus itu, ditambah produsen bahan bangunan yang produknya jadi favorit di proyek real estate. Tentu masih ada proyek properti lain yang juga masih cukup baik penjualannya tahun ini. Tapi, HousingEstate hanya memberikan awards kepada 13 proyek ditambah lima produsen bahan bangunan.

Penerima Green Property Awards 2018

1. Royal Tajur (Kota Bogor, Jawa Barat), PT Tajur Surya Abadi (Green Design)
2. Mal Ciputra (CitraRaya, Cikupa, Tangerang-Banten), PT Ciputra Residence (Green Water Management)
3. Sayana Apartment (Kota Harapan Indah, Bekasi-Jawa Barat), Damai Putra Group (Green Design)
4. Perkantoran Citra Towers (Kemayoran, Jakarta Pusat),PT Ciputra Residence (Green Energy & Water Management)
5. Citra Sentul Raya (Sentul, Bogor-Jawa Barat, PT Ciputra Residence (Green Planning)
6. Citra Garden BMW (Cilegon, Banten), PT Ciputra Residence (Green Water Management)
7. Podomoro Golf View (Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat), PT Agung Podomoro Land Tbk (Green Transportation)
8. SAVASA (Kota Deltamas, Cikarang, Bekasi-Jawa Barat), PT PanaHome Deltamas Indonesia (Green Planning & Design)
9. Tamansari Kencana (Kiaracondong, Bandung, Jawa Barat), PT Wika Realty Tbk (Green Water Management)
10. Paramount Land (Gading Serpong, Tangerang, Banten), PT Paramount Enterprise International (Green Design).
11. BSD City (Serpong, Tangerang Selatan, Banten), Sinar Mas Land (Green Planning & Design)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)