Telkomsel Siapkan Layanan Saat Ramadhan dan Lebaran

Diprediksikan terjadi lonjakan trafik komunikasi yang tinggi dibanding hari biasa, terutama di jalur mudik Lebaran dan tujuan wisata, Telkomsel telah jauh hari mempersiapkan 99 persen coverage jaringannya berada dalam kualitas terbaiknya. Di bawah kendali Tim Rafi Telkomsel Siaga 2017, kenyamanan pelanggan setianya dipastikan dapat menikmati kualitas komunikasi terbaiknya di hari nan fitri nanti.

Telkomsel memprediksikan terjadi lonjakan trafik pada layanan data berkisar antara 20-25 persen menembus 5809 Tera Byte pada hari Lebaran dibanding tahun 2016. Sementara, layanan suara diprediksi mengalami penurunan berkisar 3-6 persen mencapai 1,37 milliar menit, dan SMS pun menurun antara 1-3 persen atau mencapai 720 juta SMS dibanding tahun sebelumnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, dalam upaya mengantisipasi lonjakan tersebut, Telkomsel melakukan serangkaian kegiatan optimalisasi jaringan, seperti menjaga ketersediaan VLR (Visitor Location Register) atau kecukupan kapasitas daya tampung pelanggan. Di sepanjang jalur utama mudik di Pulau Jawa dan Sumatera, telah disediakan kelonggaran sebesar 35-60 persen, seperti Jawa Barat sebesar 38 persen, Jawa Tengah sebesar 48 persen, dan Jawa Timur sebesar 57 persen dan Sumatera Selatan sebesar 58 persen.

Juga mengadakan agenda tahunan Network Drive Test atau uji jaringan bersama media untuk memperlihatkan kesiapan jaringan masa Ramadhan dan Lebaran 1438 H. Tahun ini Telkomsel mengambil jalur Network Drive Test 2017 dimulai dari Bandar Udara Juanda Surabaya dan berakhir di Malang, di mana kali ini Telkomsel mendemonstrasikan teknologi seamless 4G LTE network yang akan mendukung primanya layanan 4G Telkomsel untuk dapat dinikmati pelanggan di perjalanan.

“Cara ini untuk memastikan bahwa kenyamanan pelanggan Telkomsel dalam berkomunikasi dimana pun berada adalah prioritas utama kami. Uji coba jaringan menyambut Ramadhan dan Lebaran kali ini kami lakukan secara nasional untuk memastikan agar seluruh layanan yang diberikan, khususnya layanan data, berjalan dengan lancar dan memiliki kualitas yang baik,” kata Bob Apriawan, Direktur Network Telkomsel. Bukan saja di jalur sepanjang Pulau Jawa, juga Sumatera, Bali juga Kalimantan dan Sulawesi.

Telkomsel memahami terjadi perubahan perilaku pelanggan Telkomsel dalam dua tahun terakhir. Bahwa kebutuhan pelanggan untuk dapat terus Internetan dimana pun mereka berada sangat tinggi. “Maka itu tahun ini kami menaruh perhatian khusus terhadap kualitas layanan data yang diberikan pada pelanggan-pelanggan kami,” Bob menambahkan. Hal ini diharapkan akan mendukung berbagai aktivitas digital pelanggan selama melakukan perjalanan, di antaranya browsing untuk mencari informasi, social media, dan streaming berbagai konten video.

Selain jalur Surabaya – Malang, Network Drive Test tahun ini juga dilakukan di jalur mudik dan jalur arus balik meliputi jalur kereta api Jawa lintas Utara dan Selatan, Jalur Lintas Jawa (main road) dari Pelabuhan Merak – Banten hingga Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi yang melalui Jalur Utara, Jalur Selatan dan Jalur Tol. Selain itu, uji coba juga dilakukan di Jalur Lintas Sumatera (main road) dari Bakauheni hingga Banda Aceh menempuh Jalur Lintas Barat, Jalur Lintas Tengah dan Jalur Lintas Timur. Terdapat tujuh kota yang menjadi fokus penguatan jaringan mengingat tempat ini merupakan tujuan kedatangan pemudik selama masa lebaran, yaitu Medan, Padang, Lampung, Bandung, Semarang, Surabaya dan Makasar. Sedangkan untuk kota keberangkatan, Jakarta, Balikpapan dan Batam merupakan lokasi yang dipilih. Total uji jaringan tahun ini menempuh jarak 11 ribu km. Dengan telah beroperasinya layanan 4G LTE Telkomsel di hampir 500 kota kabupaten dengan sebaran 11 ribu BTS 4G, diharapkan ini semakin membuat nyaman pelanggan dalam berkomunikasi saat Ramadhan dan Lebaran.

Ada beberapa parameter yang dapat diamati dari pelaksanaan drive test, di antaranya adalah kuat daya pancar dan daya terima handset (coverage), tingkat kesuksesan akses jaringan (CSSR), tingkat kontinuitas panggilan (CCSR/drop call), lamanya waktu pembangunan panggilan (call setup time), kualitas suara (MOS) dan speed (Data Throughput)

Pada Network Drive Test ini, pengukuran kekuatan sinyal 4G diukur dengan parameter Reference Signal Received Power (RSRP), sedangkan parameter untuk mengukur kualitas sinyal 4G disebut Signal to Noise Ratio (SNR). Sementara itu, parameter yang digunakan untuk mengukur kualitas layanan data 4G adalah HTTP Throughput (tingkat kecepatan akses layanan).

Secara keseluruhan hasil Network Drive Test 2017 Surabaya – Malang sepanjang 125 km memperlihatkan bahwa Telkomsel siap untuk menyambut momen Ramadhan dan Lebaran 2017 yang dipredikasi akan mengalami lonjakan yang cukup signifikan, terutama pada layanan data. Sepanjang rute terdapat total sebanyak 1047 BTS (297 BTS 4G, 379 BTS 3G dan 371 BTS 2G) yang akan melayani pelanggan. Adapun angka rata-rata yang diperoleh dari hasil Drive Test adalah sebagai berikut: CSSR 100 persen, CST 3.51 s, CCSR 100 persen, MOS 99.22 persen, Data Throughput 12604 kbps.

Untuk layanan 4G, Hasil Network Drive Test di jalur Surabaya – Malang memperlihatkan kekuatan dan kualitas sinyal 4G Telkomsel secara umum baik. Hal ini ditunjukkan dengan angka RSRP -84.2 dBm dan SNR 10.8 dB. Sementara kualitas layanan data 4G yang salah satunya diukur melalui pengunduhan berbagai file dengan kapasitas 50 MB hingga 2.5 GB menunjukkan hasil yang baik, di mana angka rata-rata HTTP Throughput 12.6 Mbps dengan Maximum Throughput 86.44 Mbps.

Adapun di sepanjang jalur mudik utama Pulau Jawa sepanjang 2375 km, kesiapan jaringan Telkomsel juga dapat terlihat dari hasil Drive Test, dimana skor yang diperoleh adalah sebagai berikut: CSSR 98.76 persen, CST 5.00 s, CCSR 98.87 persen, MOS 95.75 persen, Data Throughput 7477 kbps, dan di sepanjang jalur mudik kereta Pulau Jawa sepanjang 1689 km hasilnya adalah sebagai berikut : CSSR 99.09 persen, CST 7.00 s, 99.58 persen, MOS 97.20 persen , Data Throughput 4939 kbps. Sedangkan di jalur Sumatera sepanjang 6817 km hasilnya adalah sebagai berikut : CSSR 96.42 persen, CST 5.74 s, 99.58 persen, MOS 96.52 persen , Data Throughput 4739 kbps.

Titik Padat Keramaian dan Wisata

Seperti terjadi tahun-tahun sebelumnya, momen Lebaran menjadi sangat khusus, kegiatan mudik menjadikan titik-titik tertentu terjadi kepadatan manusia. Disana pula terjadi kepadatan trafik komunikasi. Bukan saja di jalur mudik, hal ini juga terjadi di terminal bis, stasiun kereta, mal, pasar tradisional, area padat populasi, rumah sakit, bandara, hingga lokasi wisata. Untuk menjaga kualitas kenyamanan pelanggannya, Telkomsel telah mengidentifikasi sebanyak 838 POI (Point of Interest) atau titik keramaian. Dari POI yang diidentifikasi tersebut, 65 titik masuk dalam kategori Digital POI yaitu POI dengan lokasi-lokasi dimana pelanggan mendapatkan layanan produk digital lifestyle, TCASH dan device 2G trade-in dan menjadi prioritas utama dari sisi pengamanan jaringan sehingga pelanggan dapat nyaman mengakses layanan data yang digunakan untuk aplikasi video, musik dan games.

“Secara khusus kami mengidentifikasi titik-titik yang padat akan keramaian, seperti daerah atau objek wisata, bandara, bahkan titik exit tol. Kapasitas jaringan kami tingkatkan di lokasi-lokasi tersebut, untuk menjaga agar customer experience tetap terjaga, sekalipun terjadi lonjakan trafik”, jelas Bob.

Telkomsel menyiapkan titik layanan pada 312 Jalur Mudik dan 526 Lokasi Wisata. Untuk memaksimalkan kapasitas di lokasi-lokasi tersebut, Telkomsel menyiagakan sebanyak 89 unit COMBAT (Compact Mobile Base Station) untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam mengakses layanan data.

Di sisi lain, sepanjang tahun Telkomsel terus menggelar pembangunan BTS di berbagai daerah di Indonesia yang diharapkan juga akan mendukung primanya jaringan selama masa Ramadhan dan Lebaran. Pada periode Lebaran pelanggan Telkomsel akan dilayani oleh 140 ribu BTS di berbagai penjuru negeri, dimana lebih dari 60 persen diantaranya merupakan BTS broadband (3G dan 4G) yang mampu melayani bandwidth Internet sebesar 1687 Gbps (Giga byte per second).

Di sisi pelayanan, Telkomsel menghadirkan posko mudik dan titik layanan di lokasi-lokasi POI yang telah teridentifikasi agar kebutuhan komunikasi pelanggan tetap terjaga. Selain itu seluruh channel pelayanan existing Telkomsel juga diharapkan dapat berfungsi maksimal selama Ramadhan dan Lebaran, diantaranya 84 GraPARI Telkomsel Siaga dan 346 GraPARI Mitra Siaga, 487 Mobile GraPARI, 81 unit layanan digital self-service MyGraPARI, dan 359 Branch Office Mitra Distributor (TDC). Pada saat yang bersamaan, mitra distributor Telkomsel juga turut siaga menjaga ketersediaan produk kartu perdana dan voucher isi ulang (mkios) melalui 3779 Outlet Siaga.

Selain itu, selama periode Ramadhan dan Lebaran, Telkomsel juga melakukan beberapa program lainnya bagi pelanggan, diantaranya agenda tahunan Mudik Bareng dan program loyalitas pelanggan Pointastic bagi pelanggan dengan berbagai hadiah menarik. Direktur Sales Telkomsel, Sukardi Silalahi menambahkan Mudik Bareng Telkomsel tahun ini setidaknya memberangkatkan 12 ribu pelanggan setia Telkomsel mudik gratis dari beberapa daerah yaitu Jakarta, Medan, Pekanbaru, Padang, Palembang, Solo, Semarang, Yogja, Surabaya, Makasar dan Banjarmasin. Baik melalui transportasi bis, kereta maupun pesawat. “Kami juga sedang menjalankan program Traktik Nasional yang merupakan cara kami mengapresiasi kesetiaan pelanggan Telkomsel, ada hadiah mobil mewah, smartphone dan sebagainya,” ujarnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read more:
Selama Puasa, Ini Yang Paling Diburu Masyarakat

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh rahmat. Pahala ibadah di bulan ini dilipatgandakan. Kaum muslim tentu tak ingin melewatkan kesempatan emas...

Close