Property zkumparan

Pameran IIPEX 2019 Bidik Transaksi Rp830 Miliar di Jakarta

Pameran IIPEX 2019 Bidik Transaksi Rp830 Miliar di Jakarta

Di tengah berbagai dinamika ekonomi yang terjadi, preferensi pasar terhadap pemenuhan kebutuhan akan properti tercatat tetap tinggi. Fakta ini tercermin berdasarkan survei Rumah.com Consumer Affordability Sentiment Index, bahwa sebanyak 55% responden menyatakan memiliki rencana untuk membeli rumah di Semester II/2019.

Berangkat dari respons pasar yang positif, pameran properti Indonesia International Property Expo (IIPEX) 2019 diselenggarakan serentak di empat kota yakni Jakarta, Bali, Medan dan Surabaya, sebagai wadah bagi masyarakat dalam mencari dan memiliki hunian.

IIPEX di Jakarta mulai diselenggarakan tanggal 21–29 September 2019 di Hall A, Jakarta Convention Center. Sementara di tiga kota lainnya diadakan mulai 25–29 September 2019 di Trans Studio Mall (Bali), Plaza Medan Fair (Medan), dan Jatim Expo (Surabaya).

Lebih dari 200 pengembang properti Tanah Air mengikuti ajang IIPEX 2019 yang diselenggarakan Realestat Indonesia (REI) bersama dengan Dyandra Promosindo dan Rumah.com sebagai portal properti terdepan di Indonesia. Tak hanya pengembang lokal, ajang kali ini juga diikuti pengembang asing asal Thailand. Selama pameran di Jakarta, penyelenggara menargetkan nilai transaksi Rp830 miliar.

“Kami optimistis keberadaan pameran properti akan terus dibutuhkan masyarakat sekaligus para developer dan perbankann. Pada ajang ini para pengembang akan beradu dalam memberikan promosi terbaiknya,” ujar Marine Novita, Country Manager Rumah.com.

Di IIPEX 2019, konsumen bisa menemukan 1.000 produk properti dari rumah murah alias rumah subsidi harga Rp135 jutaan sampai hunian mewah seharga Rp5 miliaran.

Untuk produk rumah subsidi, ada lebih dari 30 proyek perumahan dalam gelaran IIPEX 2019 di Jakarta yang siap menjadi pilihan konsumen Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Sebut sajan Vila Kencana Karawang, Virna Jaya Kartika 1, Cluster Alam Raya Residence, Grand Vista Cikarang, dan Perum Puri Asri 2.

“Produk-produk rumah subsidi ini paling banyak diincar oleh masyarakat saat datang ke pameran. Sehingga target kami selama pameran yang berlangsung 9 hari di JCC, pengunjung yang datang sebanyak 70.000 orang. Kami juga optimistis ajang ini mampu menyerap pertumbuhan aktivitas jual beli properti, khususnya bagi konsumen end user,” kata Ketua Umum Realestat Indonesia, Soelaeman Soemawinata.

Pameran ini menempati area seluas 4.231 meterpersegi dan tercatat 89 booth developer yang bisa didatangi konsumen properti. “Kami menyadari bahwa kebutuhan masyarakat terhadap rumah selalu tinggi. Untuk itu banyak promo besar-besaran dari pengembang serta dukungan perbankan yang menghadirkan suku bunga kompetitif. Sehingga kami dari REI yakin, inilah saat terbaik untuk membeli rumah,” imbuh Soelaeman.

Tak hanya booth berisikan penawaran proyek properti, di IIPEX Jakarta juga ada juga booth Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) bersama Bank Tabungan Negara yang siap memberikan sosialisasi kepada pengunjung mengenai layanan Hak Tanggungan Elektronik (HT-el).

Sisi edukasi untuk kesiapan membeli properti pun dilakukan secara aktif oleh Rumah.com. Di booth itu pengunjung dapat melakukan pengecekan kesiapan punya rumah melalui kuis interaktif yang dilakukan. Hasilnya kemudian bisa didiskusikan dengan Konsultan Properti secara langsung. Dengan demikian, calon pembeli properti dapat mengetahui posisinya saat ini dan menentukan langkah yang tepat sesuai dengan kebutuhannya. Selain konsultasi gratis, pengunjung juga dapat mencoba aplikasi FastKey. Teknologi ini memastikan proses membeli properti menjadi sangat transparan, mulai dari mengenal detail proyek, mengetahui sisa unit yang tersedia, sampai melakukan booking unit.

Menurut Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur Dyandra Promosindo, selama pameran IIPEX 2019 di JCC, pengunjung bisa menikmati langsung gimmick yang disodorkan para pengembang. Mulai dari DP 0%, cicilan tanpa bunga, serta hadiah menarik seperti barang elektronik bagi konsumen yang melakukan booking unit saat pameran.

“Kalau dari penyelenggara, kami memberikan grand prize berupa satu unit mobil MPV yang akan diundi di akhir pameran, lucky draw setiap harinya, dan cashback uang tunai total Rp 150 juta,” jelas Hendra yang akrab disapa Kohen.

Ia menambahkan, saat ini IIPEX 2019 juga sudah bekerja sama dengan tiga bank BUMN yakni BTN, BRI dan BNI.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved