Indonesia Woman Forum Femina Edukasi Perempuan Berbisnis
Femina menyelenggarakan Indonesia’s Woman Forum 2019 di Mal Gandaria City, 21-22 November 2019. Selama 10 tahun belakangan, Femina aktif memberikan pelatihan wirausaha kepada para wanita di Indonesia.
IWF mengundang para wirausahawan wanita untuk memamerkan produk sekaligus memberikan tips berbisnis dalam berbagai seminar selama dua hari tersebut. Bidang bisnis yang berpartisipasi diantaranya adalah fashion, food, kerajinan tangan, hingga jasa.
Acara serupa yang merupakan edukasi berbasis kemitraan adalah workshop masterclass mengenai pemasaran digital di lima kota yakni Medan, Bandung, Kupang, Gorontalo, dan Palembang. Platform yang digandeng untuk kemitraan ini adalah Facebook dan Instagram.
Petty S. Fatimah, Editor in Chief Femina mengatakan, kurangnya keterlibatan wanita di dunia bisnis adalah karena lack of know how.
“Wanita kurang memiliki pengetahuan terkait organisasi, pemasaran, dan desain,” jelasnya.
Workshop yang juga berkolaborasi dengan Kemendag ini ini telah berlangsung dari 2016, telah melatih 38 ribu wanita dari 28 provinsi.
Mengapa Facebook, Ruben Hattari, Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia menyatakan 60% pengguna facebook adalah pelaku bisnis. Sehingga Facebook merasa adanya urgensi mengedukasi bisnis. pengguna lewat platform tersebut.
Berdasarkan hasil studi Faceook dan Yougov pada tahun 2016, 9 dari 10 wanita Indonesia ingin memulai bisnisnya sendiri. Jika berhasil maka terdapat potensi bertumbuhnya 3,8 juta bisnis dan 13,2 pekerjaan baru yang akan berkontribusi pada pembangunan ekonomi Indonesia 2021.
Editor: Eva Martha Rahayu
www.swa.co.id