Capital Market & Investment

AMAR Gandeng Efishery Salurkan Pembiayaan Rp100 Miliar bagi Pembudidaya Ikan

AMAR Gandeng Efishery Salurkan Pembiayaan Rp100 Miliar bagi Pembudidaya Ikan
Amar Bank gandeng Efhisery untuk penyaluran kredit bagi pembudidaya ikan. (dok efishery)

Bank Amar Indonesia Tbk (AMAR) bekerja sama dengan eFishery dalam penyaluran kredit berupa close-loop financing (pembiayaan ekosistem) kepada para pelaku UMKM akuakultur atau perikanan budidaya. Kerja sama ini nantinya memungkinkan Amar Bank dan eFishery melakukan pendanaan bersama hingga Rp100 miliar kepada para pembudidaya ikan di Indonesia.

“Kami semangat dapat bekerjasama dengan eFishery, dan dapat mendorong pertumbuhan UMKM akuakultur di Indonesia. Kami berkomitmen untuk menjangkau lebih banyak lagi UMKM yang dapat manfaat perbankan digital,” ujar Digital Banking Service Function Head Benyamin Tampubolon kemarin.

Benyamin mengaku, perusahaan berfokus pada inklusi keuangan, khususnya untuk UMKM, melalui layanan keuangan yang solutif dan reliable. Perseroan ingin hadir sebagai solusi kebutuhan finansial dengan kecepatan dan fleksibilitas sehingga mampu mendorong pertumbuhan bisnis badan usaha, termasuk UMKM.

Kerja sama dengan eFishery ini, kata Benyamin, merupakan salah satu strategi berkelanjutan perseroan dalam menjangkau partner bisnis yang bisa menjembatani penyaluran pendanaan. Kerja sama ini nantinya akan menyasar pada pembudidaya ikan yang tergabung dalam program Kasih, Bayar Nanti (Kabayan) yang dikelola oleh eFishery.

“Selain itu, kami dan eFishery juga berkomitmen dalam menyediakan layanan perbankan digital bagi pembudidaya ikan. Melalui produk Embedded Banking and Finance, perseroan mendukung usaha pembudidaya ikan mitra eFishery melalui pendekatan layanan perbankan digital ke dalam platform eFishery,” katanya.

CFO eFishery Dhianendra Laksmana menyambut baik kolaborasi antara eFishery dengan Amar Bank dalam program Kabayan. Hal ini akan menjadi sebuah langkah yang signifikan untuk mendorong pertumbuhan industri akuakultur di Indonesia, khususnya bagi para pembudidaya ikan agar mereka dapat lebih mudah mendapatkan akses finansial untuk mengembangkan bisnisnya dengan memanfaatkan layanan perbankan digital.

“Harapannya, kolaborasi antara kedua belah pihak dapat menciptakan dampak positif bagi pertumbuhan dan kemajuan industri akuakultur di Indonesia. Semoga kerja sama ini juga dapat memberikan solusi yang bagi para pelaku UMKM,” ungkap Dhianendra.

Saat ini, melalui produk digital Tunaiku, Amar Bank telah melayani hampir 400,000 UMKM dan menyalurkan lebih dari 1 juta pinjaman dengan total lebih dari Rp10 triliun. Tunaiku menjadi pendukung bagi pertumbuhan dan perkembangan bisnis mikro di Indonesia. Memanfaatkan teknologi big data, Tunaiku memberikan akses pinjaman produktif bagi UMKM.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved