CSR Corner

Pepsodent dan PDGI Ingatkan Kesehatan Gigi Saat Merayakan Lebaran

Pepsodent dan PDGI Ingatkan Kesehatan Gigi Saat Merayakan Lebaran

Menjelang Hari Raya Idulfitri, tradisi mudik dan berlebaran di kampung halaman selalu ditunggu-tunggu umat Muslim di Indonesia. Meski demikian pentingnya perawatan gigi dan mulut sebagai bagian dari persiapan Lebaran ditekankan oleh drg. Gagah Daru Setiawan, MM., Wakil Ketua Umum II Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Bidang Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, agar ketika saatnya tiba, masyarakat Indonesia bisa tampil lebih sehat dan prima.

Pada saat merayakan Idulfitri, masyarakat Indonesia biasanya mendapat suguhan berbagai hidangan makanan dan minuman yang bervariasi mengandung gula, bersantan, berlemak, dan berminyak. Kondisi tersebut dapat memengaruhi kesehatan gigi dan mulut. Maka dari itu, penting untuk masyarakat tetap menjaga kesehatan gigi dan mulut guna mencegah penumpukan lemak dan plak pada gigi dengan cara menyikat gigi dan berkonsultasi ke dokter gigi profesional.

"Saat mengonsumsi makanan berlemak, maka lemak akan menempel di permukaan gigi. Oleh karena itu, sebaiknya menggosok gigi setelah makan makanan berlemak untuk mencegah sisa lemak menempel di gigi dan gusi. Selain itu, membatasi olahan siap saji dan makanan manis, serta menjaga asupan gizi dengan mengonsumsi makanan sehat yang baik untuk gigi seperti sayuran dan buah-buahan yang mengandung serat agar memudahkan sisa makanan terbawa ketika kita makan. Apabila ada keluhan, segera konsultasi maupun periksa ke dokter gigi profesional," ungkap drg. Gagah.

Tak lupa, masyarakat juga perlu minum air putih 8 gelas setara dengan 2 liter per hari atau minum teh hijau maupun hitam agar tubuh tidak terhidrasi. Hal ini efektif mencegah peradangan pada gusi serta bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara umum.

Terkait dengan mudik, drg. Gagah juga memberikan saran agar tetap menjaga kondisi tubuh secara utuh, salah satunya dengan melakukan olahraga ringan, agar tubuh tidak ‘kaget,’ mengingat perjalanan mudik butuh waktu relatif lebih panjang dibanding aktivitas perjalanan rutin sehari-hari.

Menurut drg. Gagah, kesehatan tubuh secara umum perlu lebih dijaga, karena butuh asupan sehat yakni buah-buahan kaya serat dan mengandung vitamin C. Tujuannya menambah kesegaran tubuh, termasuk menjaga kesehatan gigi dan mulut selama mudik sampai nanti Lebaran. “Kandungan vitamin D dalam susu menjadikan ggi dan tulang menjadi kuat. Selain itu di dalam susu juga terkandung protein seperti biji-bijian dan kacang-kacangan,” papar drg. Gagah.

Sementara itu, bagi pemudik yang tengah berada di perjalanan, ataupun saat hari Idul Fitri, jika membutuhkan konsultasi dengan dokter gigi dapat menggunakan layanan daring atau teledentistry. Dikutip dari referensi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti (2020), teledentistry berpotensi memberikan manfaat dalam pelayanan kesehatan gigi dan mulut baik melalui diagnosis dini, pengobatan tepat waktu, mempermudah komunikasi dengan tenaga kesehatan, serta meningkatkan akses perawatan bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan maupun daerah tertinggal yang butuh pelayanan kesehatan mulut.

Teledentistry dapat mengatasi kendala jarak dengan memberikan akses penyedia layanan kesehatan mulut di pedesaan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis di kota besar, tanpa kehadiran pasien secara fisik.

Salah satu teledentistry yang dapat digunakan oleh masyarakat adalah Layanan Tanya Dokter Gigi dari Pepsodent yang sudah tersedia sejak tahun 2020. Selama empat tahun, Pepsodent telah melayani 89 ribu warga Indonesia melalui konsultasi gratis Layanan Tanya Dokter Gigi via Whatsapp atau melalui online TanyaPepsodent untuk memudahkan masyarakat berkonsultasi dengan dokter gigi di manapun mereka berada.

Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc., Head of Professional Marketing Personal Care Unilever Indonesia mengatakan, selama 90 tahun hadir di Indonesia, Pepsodent mewujudkan misinya guna mendukung edukasi serta perawatan kesehatan gigi dan mulut.

Menilik data Riskesdas 2018 yang mana hanya 2,8% orang Indonesia yang menyikat giginya di waktu yang tepat, menyebabkan 7 dari 10 orang mengalami gigi berlubangi, program 'Senyum Sehat Indonesia' merupakan satu upaya nyata dalam mengurangi permasalahan gigi dan mulut di Indonesia, termasuk di DKI Jakarta. Lebih lanjut, Riskesdas juga memperlihatkan hanya 2,74% penduduk DKI Jakarta yang mempunyai perilaku menyikat gigi di waktu yang tepat, yakni setelah sarapan dan sebelum tidur.

Program yang dapat diakses melalui tanyadoktergigi ini merupakan wujud komitmen Pepsodent dalam memberikan pelayanan akses pelayanan gratis kepada masyarakat yang membutuhkan konsultasi terkait masalah gigi dan mulut. Mereka dapat memilih di antara tiga pilihan yakni konsultasi via chat, video call, atau voice call. Nantinya, dokter gigi profesional akan segera menjawab pertanyaan maupun keluhan secara cepat dan tepat.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved