Economic Issues

Ibarat Pedang Bermata Dua, Kenali Manfaat dan Risiko Paylater

Paylater terus menunjukkan perkembangan menjanjikan seiring adopsinya yang kian menjadi hal lumrah dalam masyarakat Indonesia. Pertumbuhan tersebut tentunya perlu diimbangi dengan edukasi yang tepat untuk untuk menciptakan industri Paylater yang lebih kondusif bagi semua.

SVP Marketing & Communications Kredivo Indina Andamari memaparkan, ibarat pedang bermata dua, paylater dapat membawa manfaat atau risiko tergantung pada penggunaannya. Untuk itu, perusahaan perlu berkomitmen untuk mengedukasi penggunaan paylater secara bijak dan bertanggung jawab.

“Di tangan yang bijak, paylater bisa meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup dengan membantu pengaturan arus kas, namun di tangan yang salah, dapat muncul konsekuensi serius seperti kredit macet dan skor kredit yang menurun. Untuk itu, kami merasa perlu terus mengedukasi tentang manfaat dan risiko Paylater secara imbang dan transparan, serta meluruskan berbagai stigma negatif terkait industri,” kata Indina (03/05/2024).

Sejalan dengan fokusnya dalam edukasi pengguna, Kredivo baru-baru ini meluncurkan edukasi mengenai manfaat dan risiko paylater bertajuk ‘AndaiAndaPandai’ berupa film pendek. Hingga kini, sudah lebih dari 5 juta orang menonton video edukasi di YouTube.

Indina menegaskan, sebelum menggunakan paylater, penting bagi pengguna untuk selalu mempertimbangkan kemampuan bayar. Selain itu, pastikan memilih platform yang legal, jangan mudah percaya dengan iming-iming platform ilegal.

“Tidak kalah penting, selalu baca dan pahami semua syarat, ketentuan serta tingkat bunga dan biaya lain di dalamnya. Yang dapat meraih manfaat optimal adalah pengguna bijak yang menggunakan paylater dengan perencanaan matang dan sesuai kebutuhan, tidak hanya berlandaskan keinginan,“ ucap Indina.

Sebagai penyedia layanan keuangan, Kredivo terus mendorong peningkatan literasi keuangan masyarakat melalui berbagai kampanye edukasi yang menarik dan relevan. Melalui berbagai inisiatif, perusahaan terus memperkuat kampanye edukasi yang sejalan dengan prinsip responsible lending dan implementasi langkah-langkah keamanan komprehensif yang dimilikinya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved