CSR Corner

Nojorono Kudus Ungkap Kisah Koleksi Museum Kretek

Nojorono Kudus Ungkap Kisah Koleksi Museum Kretek
Kajian Koleksi Museum Kretek (Foto: Istimewa).
Kajian Koleksi Museum Kretek (Foto: Istimewa).

swa.co.id, Kudus- Koleksi Museum Kretek dikaji lebih lanjut untuk untuk menjadi kajian sejarah dan budaya. Museum yang berkolasi di Kudus, Jawa Tengah ini menggelar kegiatan untuk meningkatkan edukasi masyarakat mengena sejarah dan budaya kretek. Arief Goenadibrata, Direktur PT Nojorono Tobacco International, mengapresiasi kegiatan bernilai edukasi sejarah. "Tentunya sangat dibutuhkan bagi seluruh personel karyawan di Museum Kretek, yang kesehariannya memandu cerita sejarah bagi khalayak umum. Tak hanya sejarah Nojorono Kudus yang memiliki warisan nilai luhur dengan beragam makna filosofis, namun, kekayaan nilai prinsip warisan yang diturunkan dari para pendahulu Nojorono Kudus, turut memberikan makna baik yang dapat menjadi cerminan berperilaku,” tutur Arief pada siaran pers yang dikutip pada Selasa (11/6/2024).

Cerita sejarah Nojorono Kudus lintas masa yang tertuang dalam berbagai produk yang disumbangsihkan bagi Museum Kretek, bukanlah terbentuk tanpa alasan. Tentu keseluruhannya, berlandaskan itikad untuk menjadi cahaya yang menghidupi. Dalam kesempatan acara, Arief Goenadibrata menceritakan sejarah Nojorono Kudus dimulai dari arti nama Nojorono dalam aksara jawa yang diwakili makna Cipta, Karsa, Rasa, Cahya.

Cipta mengacu pada awal cerita pendiri dan para pendahulu membangun perusahaan. Karsa direpresentasikan dari alat - alat kerja seperti meja giling dan timbangan yang berperan sebagai alat pendukung produksi, juga barang promosi sebagai media pendukung pemasaran. Rasa adalah nilai - nilai dan prinsip warisan leluhur yang senantiasa mengiringi langkah visi dan misi Nojorono Kudus sebagai sebuah entitas bisnis, yang tak hanya berfokus pada keuntungan namun pentingnya menghembuskan “roso” dalam setiap karya yang dihasilkan.

Cahya, diwakili melalui berbagai produk - produk yang dihasilkan dan banyak kegiatan sosial kami sebagai kontribusi terhadap publik, salah satunya upaya pelestarian Caping Kalo. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved