Economic Issues

Proyeksi Mirae soal Kondisi Pasar Saham di Bawah Pemerintahan Baru

Proyeksi Mirae soal Kondisi Pasar Saham di Bawah Pemerintahan Baru
Investor Network Summit 2024 by Mirae Asset. (Foto: Audrey/SWA)
Investor Network Summit 2024 by Mirae Asset. (Foto: Audrey/SWA)

Transisi pemerintahan dari yang sebelumnya ke yang baru di bawah pimpinan Prabowo-Gibran berpotensi memberikan dampak positif terhadap kinerja pasar saham Indonesia hingga akhir tahun 2024. Chief Economist PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia, Rully Arya Wisnubroto, mencatat bahwa pasar saat ini menantikan susunan kabinet presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Menurutnya, ekspektasi terhadap komposisi tim kabinet baru tersebut sangat penting bagi pasar keuangan.

“Yang paling ditunggu market adalah kabinet yang baru, posisi-posisi yang cukup penting tim ekonomi seperti apa,” ujar Rully dalam acara Investor Network Summit di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Rabu (3/7).

Rully menegaskan ekspektasi persepsi masyarakat akan sangat ditentukan komposisi tim kabinet menteri Prabowo-Gibran ke depannya. Dengan demikian, pasar akan memperhatikan proses transisi pemerintahan.

“Kelancaran transisi pemerintahan yang sebelumnya ke baru juga akan berpotensi berpengaruh positif market hingga akhir tahun 2024 ini. Keberlanjutan didukung tingkat kepuasan pemerintah saat ini,” tuturnya.

Rully juga menegaskan bahwa kelancaran transisi pemerintahan dapat berdampak positif terhadap pasar hingga akhir tahun 2024, dengan tingkat kepuasan terhadap pemerintahan saat ini turut mendukung keberlanjutan tersebut. Dia menyoroti bahwa optimisme masyarakat terhadap kemampuan pemerintahan baru dalam menangani berbagai masalah nasional, termasuk pemberantasan korupsi dan pembangunan Ibu Kota Nusantara, menjadi faktor penting yang akan mempengaruhi arah pasar ke depan.

Rully menyebut hasil survei menunjukkan, masyarakat optimis pemerintahan baru akan menyelesaikan berbagai masalah negara termasuk pemberantasan korupsi, penyelesaian pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), dan makan bergizi gratis.

“Memang terlihat kepercayaan masyarakat ini sangat tinggi dan menjadi modal pemerintahan yang baru, untuk mengelola dan mengatur perekonomian dalam 5 tahun ke depan,” sambungnya.

Selain itu, pembentukan Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Pemerintahan Prabowo-Gibran diharapkan dapat mempermudah proses kerja pemerintah setelah dilantik. Meskipun demikian, Rully juga mengingatkan bahwa ada faktor risiko seperti reaksi pasar terhadap hasil pemilihan Presiden AS, ketidakpastian geopolitik global, dan masalah ekonomi di China yang bisa mempengaruhi kinerja pasar pada semester II tahun 2024.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved