Trends

Pacu Sport Tourism, Kemenparekraf Gelar Lomba Sepeda L'Etape Indonesia di Solo

Lomba balap sepeda nasional untuk amatir yang merupakan lisensi dari L’Etape du Tour by Tour de France, L'Etape Indonesia 2024 bakal digelar di Solo, Jawa Tengah, pada 28-29 September 2024. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan Kemenparekraf/Baparekraf mendukung pelaksanaan L'Etape Indonesia 2024 yang diharapkan dapat memperkuat pengembangan sport tourism di Indonesia. "L'Etape ini bukan pertama kali diadakan, sudah beberapa kali (sejak 2023) dan ini terhubung dengan Tour de France," kata Sandiaga seperti ditulis swa.co.id pada Selasa, (9/7/2024).

Project Director L’Etape Indonesia 2024, Reza Puspo, mengatakan L'Etape Indonesia sebelumnya dilaksanakan pada 2022 dan 2023 di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Namun untuk tahun ini L'Etape Indonesia akan dilangsungkan di Kota Solo, Jawa Tengah. "Ada empat kategori yang dapat diikuti yakni long ride 120 kilometer, medium 80 kilometer, short ride 50 kilometer, serta akan ada fun ride yang dapat diikuti masyarakat dengan jarak kurang lebih 10 sampai 15 kilometer," ujar Reza.

Dia menjelaskan rasa aman dan nyaman disediakan panitia kepada seluruh peserta lomba ini. Peserta akan dibagi ke dalam beberapa peleton yang disesuaikan dengan rata-rata kecepatan para peserta.Setiap peleton akan terdapat marshall, race captain, dan voorijder. "Sehingga experience yang mereka dapatkan adalah aman dan nyaman melintasi jalur mulai dari Karanganyar yang dikenal sebagai kota seribu air terjun, kemudian masuk ke Sukoharjo, juga ke daerah yang menyuguhkan banyak persawahan. Jadi memang yang kita jual adalah pemandangan, culture Solo, dan yang paling dari semuanya ini adalah safety," kata Reza.

Reza menargetkan L'Etape Indonesia 2024 diikuti pesepeda dari berbagai negara terutama di Asia Tenggara. "Ini bukan hanya lomba bersepeda, jadi selama tiga hari dua malam kami akan menggelar food festival dan music festival. Food festival-nya akan diikuti 100 tenda UMKM dan menargetkan kurang lebih 26 ribu yang berpartisipasi di acara ini," kata Reza.

Tabitha Sumendap, Founder Woman Cycling Community yang juga peserta dalam L'Etape Indonesia di dua edisi sebelumnya, memastikan para peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini akan mendapat pengalaman yang menarik. "Pengalaman (mengikuti L'Etape Indonesia) sangat berkesan. Saat dilaksanakan di Lombok apalagi, kita bisa gowes di dalam sirkuit Mandalika. Selain itu kita juga bisa sambil berwisata dan berwisata kuliner tentunya," kata Tabitha.

Direktur Event Daerah Kemenparekraf/Baparekraf, Fransiskus Handok, mengatakan, Kemenparekraf/Baparekraf memberikan dukungan penuh pada pelaksanaan L'Etape Indonesia 2024 terutama dari sisi publikasi dan promosi. "Tentu kami sangat mengapresiasi karena ini merupakan event yang ditunggu-tunggu. Mudah-mudahan event ini bisa membangkitkan lagi event-event sejenis di daerah lain sehingga dapat menambah perputaran ekonomi, pemanfaatan bagi masyarakat setempat," kata Frans. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved