Ajinomoto-RHJ Feed Mill Dukung Peternak di Karawang Lebih Berdaya

22 Des 2022, 11:44 WIB

Kemajuan peternak di Indonesia akan terjadi jika ada kolaborasi yang berkelanjutan dari pemangku kepentingan yang memahami pentingnya peran mereka dalam ketahanan pangan di Indonesia. Adalah PT Ray Hilmah Jaya (RHJ), perusahaan pembuat pakan ternak, bersama dengan PT Ajinomoto Indonesia(Ajinomoto) berkolaborasi membantu peternak di Karawang, Jawa Barat.

Menurut Adi Susanto, Direktur Utama RHJ Feed Mill, kolaborasi ini juga dalam upaya membantu meningkatkan kesejahteraan sosial serta memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat. Kegiatan ini pun bukan sekadar CSR (Corporate Social Responsibility), namun lebih dari itu, yang merupakan upaya RHJ Feed Mill membantu terwujudnya CSV (Creating shared value). Melalui kegiatan CSV ini, operasional perusahaan dapat memberikan nilai manfaat lebih untuk masyarakat.

“Kami berupaya memberikan kontribusi yang positif kepada warga sekitar perusahaan kami berdiri di Kabupaten Karawang, sehingga keberadaan kami memberikan manfaat bagi semua,” tambahnya.

Bagi Ajinomoto, langkah kolaborasi ini sejalan dengan nilai Ajinomoto Shared Value (ASV) yang berfokus pada pilar: health and well being, food resources, dan global sustainability yang dijalankan perusahaan selain mengembangkan diri melalui berbagai inovasi produk dan layanan.

Melalui program ASV tersebut, Ajinomoto ingin mewujudkan pertumbuhan yang berkelanjutan, melalui penciptaan siklus yang baik dalam menginvestasikan kembali nilai ekonomi yang diciptakan dengan kontribusi positif melalui aktivitas bisnis grup yang terus menerus. Melalui penerapan ASV yang berkelanjutan, Ajinomoto berharap dapat meningkatkan nilaiperusahaan dengan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Perusahaan itu berharap program ini berkesinambungan sehingga memberikan dampak positif untuk mendukung program Ketahanan Pangan khususnya di wilayah Kabupaten Karawang.

Ajinomoto dan RHJ menyalurkan pakan ternak sebanyak 6 ton untuk 12 peternak di Desa Walahar – Kabupaten Karawang. “Ini adalah salah satu insiatif kami sebagai Industri yang bergerak di bidang makanan dalam kontribusi ketahanan pangan yang diharapkan menjadi program yang berkelanjutan.

“Ketersediaan pangan juga ikut menjaga stabilitas ekonomi nasional sehingga perlu dukungan penuh dari seluruh pihak untuk program ketahanan pangan dalam mewujudkan pangan yang berdaulat (food sovereignty) dan mandiri (food resilience). Ketahanan pangan bukan hanya menjadi prioritas tapi juga menjadi target kesejahteraan dan penerapan kesejahteraan masyarakat,” ujar Samsul Bakhri, Direktur PT Ajinomoto Indonesia.

Kepala Desa Walahar H. Adi Supriyadi mengungkapkan bahwa kontribusi kedua perusahaan melalui melalui program penyaluran pakan ternak ini akan dapat meningkatkan kesejahteraan di wilayahnya dan juga membantu kemajuan perekonomian bagi desa serta Kabupaten Karawang secara lebih luas. Senada dengan Adi Supriyadi, H. Aep Syaepulloh selaku Wakil Bupati Kabupaten Karawang berharap semakin banyak perusahaan yang juga ikut berpartisipasi dalam pembangunan Kabupaten Karawang.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id