Skip to main content

Channels

Disparekraf DKI Jakarta Gaet Wisatawan Melalui Web Series ‘Tiba Tiba Ngeguide’

  • 13 Des 2022, 14:48 WIB
  • 0
Disparekraf DKI Jakarta berupaya untuk mempromosikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif  melalui web series (Foto: Ist)

Jakarta merupakan kota megapolitan yang memiliki berbagai macam pesona daya tarik wisata urban dengan berbagai keunikan. Tentunya hal ini tak luput dari keberagaman wisata sejarah, budaya, kuliner, hingga wisata alam yang tentunya sangat menarik bagi wisatawan domestik  maupun wisatawan mancanegara.

Oleh karena itu, Disparekraf DKI Jakarta berupaya untuk mempromosikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif  melalui beragam kampanye di bawah payung Enjoy Jakarta. Saat ini salah satu program yang diinisiasi oleh Disparekraf adalah pembuatan sebuah web series dengan judul ‘Tiba-Tiba Ngeguide’.

“Web series ini berangkat dari sebuah fenomena global yang coba kita tangkap dan terapkan untuk Jakarta, yaitu film-induced tourism. Singkatnya, fenomena ini ditandai dengan meningkatnya jumlah kunjungan wisata pada suatu lokasi yang dijadikan sebagai lokasi syuting film,” ujar Andhika Pertama, Kepala Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta.

Seperti halnya yang terjadi pada film Laskar Pelangi, AADC, Filosofi Kopi dan film-film populer Indonesia lainnya, jumlah kunjungan wisatawan di lokasi tersebut meningkat setealh penayangan film-film tersebut. Hal ini juga merupakan salah satu strategi, dan langkah nyata dalam mempromosikan pariwisata Jakarta di era pascapandemi. Harapannya dengan menonton web series ini semakin banyak orang yang tertarik untuk berwisata di Jakarta.

Dalam web series ini nantinya penonton akan diajak untuk menjelajah berbagai sudut kota Jakarta dengan segala cerita, keragaman kultur budaya termasuk kuliner di dalamnya, gedung-gedung megah, dan  keindahan destinasi wisata. Web series ini dikemas dalam 8 episode film yang kurang lebih berdurasi 15 menit untuk setiap episode. Sebanyak 8 film pendek tersebut akan ditayangkan di RCTI+ yang diharapkan dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan dapat membawa dampak positif. Web series ini juga akan ditayangkan di Youtube channel Jakarta Tourism mulai tanggal 20 Desember 2022, dan setiap episode barunya akan tayang per hari.

Sutradara film Tiba-Tiba Ngeguide Thaleb Wirachman Wahjudi mengatakan, series ini tidak hanya merangkum cerita yang menghibur dengan mengikuti petualangan Ujal sebagai tokoh utama, namun juga merupakan highlight dari landmark kota Jakarta sebagai kota modern, dan berbudaya plural. “Di Tiba-Tiba Ngeguide, kita mengikuti Ujal berpetualang keliling kota Jakarta dan melihat sisi yang unik, dan menarik, di mana jarang diketahui orang awam yang bahkan tinggal di Ibu kota Jakarta sekalipun,” tukasnya.

Acara penayangan perdana web series ini diadakan di CGV Grand Indonesia Mall, di Jakarta Pusat (13/12/2022). Sinopsisnya menceritakan kisah seorang pria bernama Ujal yang hobi menjelajah Jakarta menggunakan alat transportasi umum, yang sedang memasuki fase quarter life crisis dan merasa bimbang dalam menentukan arah hidupnya. Ujal memiliki kemampuan merangkai cerita, dan menyampaikan pengetahuan tentang sudut kota Jakarta yang sangat dicintainya dengan sangat menarik. Melalui perkembangan media sosial, akhirnya Ia menyadari bahwa bakatnya dapat membawa berbagai pengalaman menarik.

Swa.co.id

Terbaru