Kemudahan Pembayaran Dorong Minat Belanja Online

16 Des 2022, 14:11 WIB
Minat belanja online
Kemudahan checkout di website dan aplikasi mendorong konversi penjualan merchant. (Dok. Midtrans)

Menjelang akhir tahun, minat belanja online masyarakat Indonesia semakin mengalami peningkatan. Hadirnya berbagai festival belanja online yang diselenggarakan berbagai e-commerce juga menjadi faktor pendorong minat belanja konsumen.

Penyedia layanan payment gateway dari Goto Financial, Midtrans mencatat, sepanjang 2022, transaksi online di platformnya meningkat hingga 3 kali lipat pada tanggal promosi khusus, seperti Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Ini terlihat dari aktivitas belanja di berbagai merchant Midtrans yang menggunakan platform digital, mulai dari marketplace besar hingga UMKM yang berjualan lewat website.

Tak hanya Harbolnas, momen gajian juga berkontribusi dalam kenaikan transaksi belanja online di platform digital. Pembayaran online yang dilakukan di hari gajian dan diproses oleh payment gateway Midtrans lebih tinggi 1,2 kali lipat dibandingkan hari-hari lainnya.

Dea Deviana, Head of Merchant Payment Strategy Goto Financial mengatakan, hal itu menunjukkan minat belanja masyarakat yang tinggi pada momen-momen tertentu sehingga para pelaku usaha dapat menyiapkan strategi yang tepat untuk memfasilitasi kenaikan volume transaksi di waktu tersebut.

Kecenderungan masyarakat berbelanja menjelang akhir tahun juga dapat dijadikan kesempatan bagi para pelaku usaha atau merchant untuk memberikan pelayanan terbaik yang berorientasi kepada konsumen.

“Antusiasme konsumen memilih transaksi di platform digital dapat diselaraskan dengan memberikan pengalaman belanja yang baik, sehingga merchant dapat terus menjadi pilihan pelanggan,” katanya.

Seiring dengan meningkatnya minat belanja online, metode pembayaran digital dalam bertransaksi semakin menjadi pilihan pelanggan. Tiga metode pembayaran yang jadi favorit untuk berbelanja di merchant Midtrans adalah Gopay, kartu kredit, dan transfer bank.

Metode pembayaran dengan Quick Responses Indonesian Standard (QRIS) melalui Gopay banyak disukai oleh konsumen dan merchant karena kemudahan dan tingkat keberhasilan penerimaan (acceptance rate) yang tinggi.

Kemudahan checkout di website dan aplikasi menurut Dea mendorong konversi penjualan merchant. Ia menyebut, inovasi fitur halaman pembayaran (checkout) dari Midtrans memungkinkan informasi transaksi dapat diakses dengan lengkap dan mudah dalam satu halaman, sehingga konsumen bisa menghemat waktu untuk melakukan pembayaran di website atau aplikasi merchant.

Hal ini dapat berpotensi mendorong konversi penjualan lebih banyak di sisi merchant. Dalam lima tahun terakhir, Dea mengatakan Midtrans telah mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pembayaran online hingga 70%.

“Data dan tren ini menunjukkan peran payment gateway sebagai tulang punggung di balik pertumbuhan industri digital melalui layanan pembayaran yang diandalkan untuk kebutuhan pelaku usaha Indonesia,” tutur Dea.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id