Management Strategy

Antar Aki, Shop & Drive Jemput Rezeki

Antar Aki, Shop & Drive Jemput Rezeki

Layanan Battery Home Delivery sepele, hanya mengantar aki. Tapi, dampaknya luar biasa. Banyak pengendara yang terbantu dengan layanan ini, terutama saat mobil mereka tengah mogok. Terbukti, layanan ini menyumbang 30% untuk omset penjualan aki PT Astra Otoparts Tbk.

“Dengan fakta banyak mobil yang mogok karena masalah aki, kebanyakan konsumen bingung dan takut aki abal-abal. Apalagi, konsumen sekarang ini adalah orang-orang sibuk. Konsumen butuh sesuatu yang cepat dan mudah, dan menggunakan teknologi,” kata Head-Retail Marketing & Business Development Department Astra Otoparts, Lie Se Chiang.

Menurut dia, Shop&Drive melihat situasi urgent seperti aki ngadat bisa terjadi kapan saja. Pelanggan membutuhkan bantuan dalam penyediaan aki dengan cepat dan terpercaya. Dalam sehari, perseroan menerima 800 panggilan yang separuhnya untuk Battery Home Delivery.

Sebagai suplier resmi Aki GS Astra, perseroan mampu memberi garansi selama 18 bulan untuk setiap produk aki yang dijual. Dengan begitu, pelanggan akan merasa nyaman. Pesaing mereka tidak punya stok yang memadai seperti halnya Astra Otoparts, yang merupakan perusahaan pertama di Indonesia yang membuat inovasi pengantaran aki mobil dengan jumlah jaringan luas di seluruh Indonesia.

Lie Se Chiang Head of Retail Marketing & Business Development Shop n Drive ‎PT Astra Otoparts

Lie Se Chiang Head of Retail Marketing & Business Development Shop n Drive ‎PT Astra Otoparts

“Kami promosi lewat media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram dengan memberi tips seputar kendaraan. Kami juga bekerjasama dengan pihak lain seperti Citilink. Boarding pass-ya bisa dipakai untuk mendapat diskon pembelian di Shop&Drive,” ujarnya.

Selain itu, perseroan juga menggandeng Mobil88. Jika kendaraan yang dijual memiliki riwayat service dua kali di Shop&Drive, akan dihargai lebih tinggi. Ke depan, tidak menutup kemungkinan perseroan akan menggandeng maskapai penerbangan lainnya yang menyasar kelas menengah dan muda.

“Di ulang tahun ke-17 nanti, kami akan meluncurkan mobile application untuk Android lebih dulu. Tujuannya, untuk mengumpulkan database konsumen sehingga membidiknya lebih mudah. Investasinya Rp 150 juta,” katanya.

Dalam 10 tahun terakhir, Shop&Drive melakukan banyak inovasi terkait layanan Battery Home Delivery seperti meluncurkan meluncurkan Call Shop&Drive 24 jam (kode area) 5000-15 dan menyediakan mesin EDC sebagai salah satu metode pembayaran pada 2012 lalu.

Kemudian, memperluas jaringan outlet dan menambah channel order melalui website (aki online) pada 2013 dan mengembangkan sistem Battery Home Delivery, sehingga bisa menentukan lokasi outlet dengan lebih cepat (integrasi dengan status stok & armada) dan lebih tepat (yang paling dekat dengan posisi pelanggan). (Reportase: Maria Hudaibyah Azzahra)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved