Marketing Strategy

Dorong Bisnis Kartu, BNI Datangkan Chelsea FC

Oleh Admin
Dorong Bisnis Kartu, BNI Datangkan Chelsea FC

Sejumlah bank di Tanah Air menggandeng klub-klub sepak bola terkenal demi mendongkrak bisnisnya. Salah satunya adalah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, atau BNI. Bank BUMN ini melakukan co-branding kartu pembayaran dengan klub sepakbola asal Inggris, Chelsea FC.

Kartu pembayaran co-branding BNI dan Chelsea FC (Sumber: situs BNI)

Dan, demi mendongkrak bisnis kartu pembayaran tersebut, BNI pun berencana mendatangkan Chelsea ke Indonesia. Dalam siaran pers yang diterbitkan, Jumat (8/2/2013), Darmadi Sutanto, Direktur Konsumer dan Ritel BNI, mengatakan, “Kami menjadi satu-satunya bank yang membangun produk co-branding dengan sebuah tim sepakbola ternama di Inggris yang berhasil membawa tim itu ke Indonesia pada tahun 2013 ini.”

Dia menjelaskan, jumlah kartu pembayaran co-branding BNI dan Chelsea telah mencapai 60.000 unit dalam berbagai jenisnya, baik kartu debit, prabayar, maupun kartu kredit. Padahal, kartu pembayaran co-branding BNI-Chelsea ini baru diluncurkan secara resmi enam bulan sebelumnya. Dengan demikian, penyebaran kartu pembayaran BNI-Chelsea tersebut telah jauh melampaui target yang sebelumnya sudah ditetapkan, yakni sebanyak 25.000 unit dalam setahun.

Darmadi pun menuturkan, BNI berkomitmen membawa tim Chelsea ke Indonesia karena ingin terus mengikat interaksi dengan para fans Chelsea. Itu merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan BNI untuk memberikan atensi sekaligus mengembangkan bisnis kartunya.

“Dengan payment card BNI-Chelsea ini, orang akan sangat dimudahkan dalam melaksanakan aktivitasnya, baik ketika ingin meet and greet, menikmati kuliner, hingga berbelanja. Dengan menggunakan kartu, pembayaran semuanya menjadi semakin mudah,” seru Darmadi.

Seperti yang telah dipublikasikan dalam situs resmi Chelsea pada hari ini, tim sepakbola Chelsea direncanakan bertanding di Indonesia pada 25 Juli 2013. Namun, sebelum tim Chelsea datang ke Indonesia, akan ada beberapa perbincangan pers dengan manajemen Chelsea di Indonesia, termasuk kedatangan Chief Executive Chelsea FC, Ron Gourlay, ke Jakarta pada 7 Maret 2013.

Sementara itu, Gatot M Suwondo, Direktur Utama BNI mengatakan, BNI sangat bersemangat menyambut Chelsea FC ke Indonesia karena hal ini menunjukkan pentingnya negara ini dan fan-base di Indonesia bagi klub kelas dunia ini. “Kunjungan ini merupakan apresiasi besar terutama bagi fans Chelsea dan pemiliki produk BNI-Chelsea, dan fans sepakbola pada umumnya,” tutur Gatot. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved