Marketing Strategy

Outlet ke-9 Ixobox Hadir di Summarecon Mal Serpong

Outlet ke-9 Ixobox Hadir di Summarecon Mal Serpong

Setelah sukses mengelola 8 outlet, Ixobox yang dikenal dengan Haircut house ini terus melakukan ekspansi bisnisnya. Baru-baru ini, tepatnya Rabu, 11 Mei 2016, Ixobox meresmikan outlet ke-9 di pusat perbelanjaan Summarecon Mal Serpong, Gading Serpong, Tangerang Selatan. Gerai ini melengkapi cabang sebelumnya di Mall Ambassador (Jakarta Selatan), Rukan Malibu Citywalk Cengkareng (Jakarta Barat), Stasiun KA Juanda (Jakarta Pusat), Plaza Semanggi (Jakarta Selatan), CBD Giant Bintaro (Tangerang Selatan), Gajah Mada Plaza (Jakarta Pusat), Supermall Karawaci (Tangerang) dan 7 Eleven Bendungan Hillir (Jakarta Pusat).

outlet ke-9 Ixobox dibuka di Summarecon Mal Serpong

outlet ke-9 Ixobox dibuka di Summarecon Mal Serpong

Ixobox disebut haircut house. karena dari segi konsep berbeda dari salon dan barbershop pada umumnya. Ixobox hanya fokus pada layanan gunting rambut, tidak ada tambahan layanan lain, seperti cuci rambut, blow-dry. Nah, dengan fokus di bisnis haircut, itu justru menjadi keunikan, keunggulan, dan spesialisasi Ixobox.

Sejak awal kehadiran Ixobox perdana pada Februari 2015, konsep yang diusungnya adalah mirip dengan ‘Business Hotel’. Biasanya orang menginap di Business Hotel dengan pertimbangan harga terjangkau dan cuma butuh kamar untuk tidur. Karena seharian beraktivitas atau meeting, tidak akan sempat menggunakan kolam renang atau fasilitas hotel lainnya. Maka tamu Business Hotel itu tidak perlu membayar lebih mahal untuk layanan yang tidak dipakai. Sebagai gantinya kamar hotel harus bersih dan pelayanannya optimal.

“Nah, tren Business Hotel itu serupa dengan gunting rambut. Ada konsumen yang hanya menginginkan jasa gunting saja. Toh, cuci rambut, blow-dry dan layanan lain umumnya dapat dilakukan sendiri di rumah. Sebagai gantinya Ixobox fokus pada pelayanan, kualitas, kebersihan, kehigienisan tempat dan semua peralatan yang digunakan,” jelas Danny Anthonius, Managing Partner Ixobox.

Komitmen Ixobox sebagai haircut house yang fokus pada gunting rambut berkualitas tidak main-main. Hal ini ditunjukkan dengan desain interior outlet yang unik. Lihat saja contohnya gerai Ixobox di lantai basement lobby 5 Summarecon Mal Serpong ini terlihat menyolok dan berhasil mencuri perhatian pandangan pengunjung yang melintasi outlet tersebut. Kendati tidak terlalu luas, sekitar 25 meter persegi, gerai Ixobox tampak bersih, benderang, mewah dan bergaya minimalis modern. Ada kiosk machine dan kabinet cermin yang menjadi sentral aktivitas di dalam gerai Ixobox.

Konsep Ixobox memang dirancang untuk dapat bekerja optimal dalam ruangan yang kecil. Konsumen yang datang tidak dilayani oleh kasir. Cukup masukkan lembaran uang Rp 50 ribu ke kiosk machine dan nomor antrean pun muncul. Setelah itu konsumen dipersilakan menunggu dengan nyaman di tempat duduk yang telah disediakan sambil mengamati para penata rambut (hairstylist) bekerja.

“Metode potong rambut ala Ixobox dengan konsep ‘No Water, No Shampoo” ini membuat para penata rambut bekerja lebih efisien dan fokus melayani para pelanggan. “Walaupun kami mengutamakan kualitas dan gaya, namun sebenarnya konsumen tidak menunggu terlalu lama karena para penata rambut Ixobox adalah ‘specialized hairstylists’, yang dilatih khusus untuk menjadi ahli di bidangnya. Ketrampilan dan jam terbangnya menjadi lebih tinggi karena aktifitas setiap harinya adalah hanya melayani trimming (merapikan) dan cutting (gunting) rambut pelanggannya. Ditambah dengan teknologi kiosk machine, yang berfungsi sebagai mesin kasir sekaligus mesin untuk mengambil nomor antrean, yang membuat semuanya menjadi lebih lebih efisien, sekaligus efektif “, jelas Danny.

Ixobox peduli pada higienitas dan kebersihan lingkungan. Hal ini terlihat jelas dari tampilan gerai Ixobox dan peralatan yang digunakannya. Jika kita perhatikan dengan seksama, ada beberapa peralatan khusus yang ada di gerai Ixobox. Misalnya lemari kayu di hadapan hairstylist yang disebut ‘Hygenic Box’. Kotak all in one itu sangat fungsional. Ada kaca dan meja, berbagai laci untuk menyimpan peralatan atau bahkan barang milik konsumen. Lalu, ada sterilizer untuk menjamin kebersihan dan kehigienisan semua peralatan gunting rambut yang dipakai. Hygienic box ini juga memiliki alat vakum yang berfungsi untuk mengisap sisa-sisa potongan rambut yang masih tertinggal di kepala, sehingga kepala pelanggan tidak perlu dibilas, dan juga menyedot dan menampung rambut bekas pangkasan. Selain itu, sisir yang digunakan selalu baru untuk setiap konsumen

“Perpaduan konsep stylish haircut, hygienic, simplicity dengan Modern Technology cara pembayaran otomatis ini menjadikan Ixobox adalah yang pertama di Indonesia. Di atas semua itu, Ixobox mengedepankan stylish haircut, sesuai dengan motto ‘Hair Create Style’. Itu yang terpenting,” ujar Danny.

Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki oleh Ixobox, tak heran bila konsumennya terus meningkat, tidak hanya pria, tapi juga wanita dan anak-anak. “Di luar dugaan kami, ternyata 30% pelanggan Ixobox adalah wanita. Ini artinya, tidak semua wanita ke salon ingin dimanja. Ada sebagian yang hanya ingin gunting rambut dengan cepat dan nyaman. Tidak mengherankan keunikan dan perpaduan ini membuat Ixobox dikenal dengan “A Modern Haircut for Men, Women and Kids” di kalangan masyarakat,” Danny mengungkapkan.

Ixobox2

Jumlah pelanggan Ixobox yang banyak tentu saja membuat banyak pihak tergiur menjadi investor Ixobox. “Saat ini sudah ada beberapa pihak yang menawarkan kerja sama. Termasuk dari pelanggan Ixobox yang senang dengan konsep dan pelayanannya. Mereka tertarik bekerja sama dengan kami dan menawarkan membuka cabang baru. Tapi, kami tidak sembarangan memilih tempat. Kami mau yang strategis supaya dapat menyejahterakan penata rambut yang merupakan mitra kerja Ixobox, juga tentunya dapat menguntungkan investor yang merupakan mitra usaha Ixobox,” ungkapnya.

Berapa gambaran nilai investasinya? Kata Danny, investasi untuk pembukaan satu gerai Ixobox di luar sewa bangunan, sebesar Rp 400-500 juta, tergantung dari kondisi dan ukuran tempatnya. Lantas, berapa lama masa break event point? Kendati tidak menjawab secara pasti, tapi Danny menyebut, sebagai gambaran omset dalam sebulan, rata-rata pengunjung yang datang ke tiap cabang oulet lebih dari 1.000 konsumen. Tarif potong rambut tiap kepala adalah Rp50 ribu.

Ke depan, Ixobox akan terus mengepakkan sayap bisnisnya. “Dengan antusiasmen repons pasar selama ini, market gunting rambut ala Ixobox akan terus relevan. Misi penting ixobox adalah bisa melayani lebih banyak pelanggan, membuka lapangan kerja baru dan, membuka peluang investasi bagi para mitra usaha,” tegas Danny dengan nada optimistis. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved