Penyedia Jasa Gudang Waresix Raih Pendanaan US$ 1,6 Juta

Andree Susanto, CEO Waresix

Waresix, penyedia jasa gudang on-demand (SaaS) yang berbasis di Indonesia, meraih pendanaan tahap pra-A sebesar US$ 1,6 juta yang dipimpin oleh East Ventures dan Monk's Hill Ventures. Beberapa investor baru seperti SMDV dan Triputra Group juga berpartisipasi dalam putaran ini.

Pendanaan ini mengikuti putaran tahap awal yang sebelumnya diraih perusahaan pada bulan Februari 2018 dan merupakan cerminan dari perkembangan perusahaan yang cepat selama tujuh bulan terakhir. Waresix berencana menggunakan dana tersebut untuk meningkatkan efisiensi gudang melalui teknologi dan solusi data, memperluas penawaran bisnis, serta merekrut tenaga ahli baru.

Andree Susanto, CEO Waresix, mengungkapkan “Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan para investor baru. Kami percaya mereka akan mendorong kami untuk terus berkembang dan mampu memberikan bantuan besar dalam perluasan bisnis kami.”

Waresix berdedikasi untuk menyediakan layanan gudang yang efisien serta menghubungkan bisnis dan individu yang membutuhkan ruang serta operator gudang profesional. Melalui pasar Waresix, perusahaan dapat dengan cepat mencari berbagai jenis pergudangan untuk memenuhi kebutuhan bisnis mereka dan memesannya dalam waktu kurang dari 24 jam. Selain itu, Waresix juga menyediakan layanan pergudangan lintas batas untuk pelanggan luar negeri yang tidak hanya ingin mendistribusikan produk mereka di Indonesia, tetapi juga untuk mengelola kebutuhan pelanggan mereka yang mendesak dan tidak terduga. Sebagai penyedia layanan dalam satu atap, pelanggan dapat menggunakan platform Waresix untuk mengelola distribusi gudang, inventaris, pesanan pelanggan, dan siklus penagihan.

Andree Susanto (CEO), Filbert (CTO) dan Edwin(CFO) membangun Waresix pada tahun 2017. Ketiganya bertemu saat duduk sebagai mahasiswa teknik di UC Berkeley delapan tahun lalu. Waresix membidik pasar logistik yang sedang berkembang di Indonesia dan diperkirakan bernilai US$ 240 miliar dengan tingkat pertumbuhan sebesar 14% setiap tahunnya. Dari angka tersebut, 16% kegiatan ekonomi di dalamnya berasal dari pasar untuk kebutuhan dan permintaan gudang, atau setara dengan lebih dari US$ 30 miliar. Segmen pasar ini diharapkan dapat tumbuh secara substansial bersamaan dengan pertumbuhan sektor e-commerce Indonesia yang pesat.

Waresix saat ini telah bergerak di 26 kota di Indonesia, di antaranya Jabodetabek, Semarang, Surabaya, Balikpapan, Samarinda, Banjarmasin, Makassar, dan Pekanbaru. Perusahaan juga mencakup lebih dari 75 operator gudang profesional yang menangani kargo umum, pemenuhan ritel, dan gudang makanan dingin (cold storage).

Melalui putaran pendanaan ini, Waresix akan terus memanfaatkan teknologi dan kemampuan datanya untuk mendorong peningkatan efisiensi industri pergudangan secara keseluruhan. Perusahaan akan mengembangkan produk dan fitur baru bagi para pelanggan dan penyedia gudang untuk dapat lebih memenuhi kebutuhan penyimpanan mereka. Waresix juga akan membawa talenta baru untuk memfasilitasi pertumbuhan perusahaan.

Wilson Cuaca, Managing Partner East Ventures, mengungkapkan, “Tantangan rantai pasokan dan infrastruktur adalah efek kausal alami bagi Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan 17 ribu pulau di dalamnya. Melihat industri e-commerce Indonesia yang bertumbuh sangat cepat, penting untuk memastikan bahwa pergerakan barang dapat berjalan seefisien mungkin - yang mana menjadikan industri pergudangan sebagai bagian tak terelakkan dalam mengoptimalisasi rantai pasok. Waresix mampu memecahkan industri tersebut dengan membantu bukan hanya operator bisnis untuk menemukan gudang yang cocok di berbagai kota di Indonesia; tetapi juga bagi pemilik gudang untuk dapat memaksimalkan pemanfaatan aset mereka dan hadir dengan pendekatan yang memudahkan pengguna. 7 bulan terakhir telah meyakinkan kami bahwa tim ini memiliki kemampuan untuk memenangkan pasar dan kami tidak sabar melihat lebih banyak terobosan nasional yang didorong oleh Waresix.”

“Kami sangat terkesan dengan para pendiri Waresix serta visi mereka. Logistik adalah sektor yang sedang berkembang pesat dan terus didorong oleh perubahan teknologi, baik di sisi permintaan maupun penawaran”, ujar Kuo-Yi Lim, Managing Partner Monk's Hill Ventures. “Kombinasi antara keahlian dalam negeri dan pengetahuan teknologi Waresix menempatkan mereka dalam posisi yang kuat. Kami senang dapat bekerja dengan para pendiri dan rekan investor kami dalam perjalanan ini."

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)