Perusahaan Startup Bimbing UMKM

(Empat dari kiri) Viktor Yanuar S, CEO dan Co-Founder excellence.asia. (Foto :excellence.asia).

Excellence.asia, salah satu startup yang merupakan training marketplace binaan IDX Incubator, merilis program Excelloka sebagai program pelatihan berkelanjutan untuk UMKM Indonesia.

Excelloka yang diambil dari kata excel (percepatan) dan loka (dimensi) yang bermakna sebagai dimensi percepatan. Perusahaan rintisan ini mengusung nama tersebut dengan harapan dapat menjadi dimensi bagi yang bisa mempercepat perkembangan bisnis pelaku usaha UMKM.

Program yang dimulai pada 10 Maret 2018 di Jakarta ini memberikan pilihan kepada setiap pelaku bisnis dan individu dalam mendapatkan pelatihan, termasuk UMKM Indonesia. “Hal ini sejalan dengan visi kami untuk mewujudkan ekosistem digital dalam industri pelatihan di mana pengetahuan dapat diakses oleh semua orang tanpa batas,” ungkap Viktor Yanuar S, CEO dan Co-Founder Excellence.asia, di Jakarta.

Dia mengatakan, UMKM berperan dalam pertumbuhan perekonomian Indonesia dan menyerap tenaga kerja. Pada periode 1997-1998 UMKM membuktikan dirinya tidak terpengaruh terhadap krisis ekonomi dan tetap berdiri kokoh.Menurut data Bank Indonesia, UMKM memiliki tingkat penyerapan tenaga kerja sekitar 97% dari seluruh tenaga kerja nasional dan memiliki kontribusi terhadap Pendapatan Domestik Bruto  sekitar 57%.

Jumlah UMKM pun selalu meningkat setiap tahun. Menurut data terakhir dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (2013), ada lebih dari 57,8 juta UMKM di Indonesia. Kendati demikian, peningkatan UMKM dari sisi jumlah tidak diikuti dengan peningkatan kualitas dari UMKM tersebut.

Hampir semua kajian terhadap UMKM yang dilakukan selama ini, termasuk yang dilakukan oleh Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia bekerja sama dengan Bank Indonesia, menunjukkan bahwa permasalahan yang dihadapi oleh UMKM adalah seputar pembiayaan dan kurangnya kemampuan manajemen usaha serta rendahnya kualitas sumber daya manusia.

Dalam berbagai kesempatan Presiden Joko Widodo juga selalu menyerukan agar UMKM di Indonesia segera meningkatkan kelas usahanya ke level berikutnya. Lantaran demikian, Program Excelloka yang diluncurkan Excellence.asia bertujuan untuk memberikan pelatihan berkualitas secara menyeluruh untuk meningkatkan kualitas UMKM, mulai dari pemasaran, penjualan, branding , pelayanan pelanggan, hukum, administrasi, keuangan, akuntansi, pajak, operasional, dan sumber daya manusia. Menurut Viktor, metode yang digunakan adalah gabungan antara online training dan offline workshop. Selama 8 bulan ke depan, diharapkan lebih dari 1.500 UMKM di Indonesia mengikuti program ini.

 

www.swa.co.id

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)