Strategy

Sertifikat ISO 9001:2008 Jadi Andalan TW di Bisnis MICE

MICE

Indonesia memang pasar menarik untuk industri MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition). Bukan soal jumlah penduduk yang besar saja, tapi juga dilihat dari potensi pariwisata kita. Mengapa demikian? Pemerintah saat ini menjadikan pariwisata sebagai salah satu pendorong penggerak ekonomi Indonesia. Dalam siaran pers yang disampaikan 10 Maret lalu, Arief Yahya, Menteri Pariwisata menargetkan Indonesia akan kedatangan 20 juta wisatawan asing pada 2019 dengan pertumbuhan per tahun 12 persen.

Tentu saja ini mendorong permintaan perjalanan atar negara serta aktivitas terkait MICE. Hal ini dibenarkan Jim Tehusijarana, Direktur Utama PT Tamam Wahana (TW), bahwa Industri MICE dengan target yang disampaikan Menteri Pariwisata, MICE bisa ikut berperan serta dalam mendorong pertumbuhan sektor industri pariwisata Indonesia. “Dalam menghadapi persaingan global terutama dengan masuknya era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), tentunya industri MICE perlu ditingkatkan dalam hal penerapan kebijakan dan manajemen mutu berstandar internasional,” ujar Jim.

Namun ia menyadari pemain di industri ini kini makin banyak. Maka itu pihaknya terus melakukan peningkatan kualitas mutu layanan agar menjadi pilihan utama para pengguna bisnis MICE. Perusahaan yang dipimpin Jim saat ini menaungi brand MICE Biz seperti Upperroom dan The Kasablanka.

Salah satu totalitas dalam memberikan mutu terbaik,TW berhasil mendapatkan Sertifikat ISO 9001:2008 yang dikeluarkan oleh Badan Sertifikasi Internasional Worldwide Quality Assurance (WQA) asal Inggris. Sertifikat ini diserahkan oleh M. Aristian selaku Country Manager kepada Kristian Emanuel Yahya selaku General Manager PT Tamam Wahana di The Kasablanka, Jakarta.

“Sejalan dengan visi perusahaan menjadi salah satu provider MICE berskala internasional, kami sangat bersyukur atas raihan sertifikat ISO 9001:2008. Ini akan menjadi titik awal bagi kami untuk terus bekerja keras dan berinovasi mengikuti semua standar-standar yang ditetapkan oleh ISO,” ujar Kristian.

Keseriusan TW dalam menjaga mutu ini dapat dilihat dari bagaimana manajemen mau mengikuti proses yang panjang untuk memperoleh sertifikat ini mulai dari pertengahan tahun hingga akhir 2015. “Kami bekerja sama dengan tim konsultan dan tim WQA untuk melakukan internal audit dan eksterna audit yang memakan waktu setengah tahunan. Meski panjang, kami bangga akhirnya mendapat pengakuan dunia internasional terkait system manajemen mutu yang diterapkan di perusahaan,” tuturnya.

Sertifikat ISO 9001:2008 merupakan ukuran standar internasional yang digunakan untuk menetapkan kebijakan dan manajemen mutu berdasarkan persyaratan seperti ruang lingkup, rujukan normatif, istilah dan definisi, sistem manajemen mutu, tanggung jawab manajemen, manajemen sumber daya, realisasi produk dan pengukuran, analisis dan peningkatan.

Jim menambahkan, manfaat dari sertifikat ini adalah untuk peningkatan citra dan daya saing perusahaan baik skala nasional maupun internasional. Selanjutnya, dengan adanya sertifikat ini sekaligus akan berdampak pada peningkatan kepercayaan dari para pelanggan.

Ke depan, TW terus berupaya mendorong MICE Biz untuk siap bersaing menghadapi ketatnya kompetisi dengan menjaring potensi yang masih banyak di market industri MICE dengan membuat diferensiasi agar layanan-layanan yang ditawarkan perusahaannya, menjadi venue untuk meeting dan gathering, serta sebagai tempat yang tepat untuk menggelar konser musik hingga live performance recording berskala internasional.(EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved