Strategy

Sinergi Pendanaan SiCepat dan DMMX untuk Startup Ini

Sinergi Pendanaan SiCepat dan DMMX untuk Startup Ini
SiCepat Ekspres akan menjadi mitra pengiriman yang menghadirkan produk kosmetik Nama Beauty untuk mendukung pertumbuhan di industri kecantikan nasional (Foto: ist)

PT Digital Mediatama Maxima Tbk. (DMMX) dan PT SiCepat Ekspres Indonesia (SiCepat Ekspres) bersinergi mengucurkan pendanaan untuk Nama Beuty agar startup kecantikan ini memiliki akses jangkauan distribusi yang kuat dan terukur.

Salah satu pertimbangan investor berani menyuntikkan dana jutaan US$ ini lantaran Nama Beauty didukung oleh potensi pasar kecantikan yang menjanjikan di Indonesia. Ragam pasar kosmetik di Indonesia diperkirakan mencapai US$1 miliar pada 2023, dengan pertumbuhan CAGR mencapai 16,9%.

Selain itu, jumlah populasi di Indonesia mencapai 270 juta penduduk dengan proporsi 50% penduduk perempuan, dan 51% tercatat sebagai pengguna internet. Di sisi lain, konsumen semakin berminat terhadap produk lokal berkualitas tinggi, namun dengan harga terjangkau. Pasar kosmetik Indonesia dan pertumbuhan populasi perempuan muda menciptakan peluang bagi merek kecantikan untuk bertumbuh, dan meningkatkan pangsa pasar mereka.

Startup direct-to-consumer (D2C) asal Indonesia tersebut meraih pendanaan tahap awal (seed funding) senilai US$5 juta yang dipimpin oleh AC Ventures, dan diikuti oleh partisipasi dari SiCepat Ekspres serta DMMX.

Pendanaan segar ini akan digunakan Nama Beauty untuk memperkuat Research and Development (R&D), pemasaran, merekrut lebih banyak talenta, dan meluncurkan lini merek kedua. Nama Beauty akan menjadi merek D2C yang menawarkan produk perawatan kulit dan kecantikan berkualitas dengan harga terjangkau, dan jaringan distribusi offline yang kuat untuk menjangkau konsumen di seluruh Indonesia.

Pandu Sjahrir, Partner of AC Ventures, menjelaskan, Nama Beauty akan memanfaatkan jaringan distribusi DMMX yang luas untuk menjual produk. Melalui kemitraan dengan SiCepat dan DMMX, pihaknya akan memanfaatkan kekuatan unik masing-masing untuk membantu Nama Beauty dalam membangun merek kecantikan dengan pertumbuhan tinggi dan berharap dapat mendukung perusahaan untuk mencapai potensi optimal.

Menurutnya, Nama Beauty akan memanfaatkan jaringan distribusi DMMX yang luas untuk menjual produk mereka ke jaringan distribusi pasar offline, seperti Sampoerna Retail Community (SRC) yang tersebar di lebih dari 20 kota di Indonesia, menjual produk mereka di rantai minimarket, dan mengakses ribuan jaringan ritel untuk meningkatkan visibilitas merek yang lebih luas.

Lebih dari itu, Nama Beauty Beauty juga akan menjual produk dalam platform perdagangan digital untuk SRC yang disediakan oleh DMMX. Cara ini dapat membantu Nama Beauty memperluas jangkauan distribusi dengan lebih cepat.

Sementara, SiCepat Ekspres akan berperan sebagai mitra logistik melayani kebutuhan pengiriman mereka. Faktor-faktor tersebut menjadikan Nama Beauty sebagai pemain bisnis yang berpotensi kuat untuk mendisrupsi industri kecantikan Indonesia.

The Kim Hai, CEO SiCepat Ekspres Indonesia mengatakan, SiCepat Ekspres akan menjadi mitra pengiriman yang menghadirkan produk kosmetik Nama Beauty untuk mendukung pertumbuhan sebagai merek kosmetik lokal yang siap memasuki pasar kosmetik Indonesia. Dengan kualitas yang baik, harga yang kompetitif, dan didukung dengan pengiriman yang berkualitas dari SiCepat, kami optimistis Nama Beauty mampu menembus pasar kosmetik Indonesia.

“Kami bersyukur dan diberkati dengan kepercayaan dan dukungan dari AC Ventures, SiCepat, dan DMMX, termasuk semua mitra dan tim. Ini merupakan momentum yang tepat dan menjanjikan bagi Indonesia. Kami percaya, sinergi ini dapat membantu kami untuk bertumbuh bersama dan memaksimalkan peluang serta momentum yang ada,” ujar Luna Maya, CEO Nama Beauty.

Nama Beauty adalah gabungan latar belakang pendiri yang kuat dengan potensi pasar yang menjanjikan Sebagai figur publik, Luna Maya memiliki eksposur yang tinggi di antara masyarakat Indonesia. Dia tokoh terkenal di Indonesia dengan hampir 40 juta pengikut di media sosial, dan memiliki pengaruh besar di kalangan konsumen kecantikan di Indonesia.

Di sisi lain, Marcel Lukman, Co-founder of Nama Beauty memiliki pengalaman lebih dari satu dekade di dunia ritel. Marcel merupakan salah satu sosok penting di belakang Atmos dan The 707 Company yang memayungi sejumlah merek ternama, seperti Fred Perry, Nudie Jeans, Superga dan Melissa. Dengan mengombinasikan latar belakang Luna yang kuat di bidang kreatif dan kecantikan, dengan pengalaman Marcel lebih dari 15 tahun di bidang ritel, didukung oleh pertumbuhan pasar kecantikan yang kuat menjadikan Nama Beauty berpotensi menjadi salah satu merek yang diperhitungkan di Indonesia.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved