Marketing Strategy Trends

Strategi BTI Majukan Pariwisata Indonesia

Strategi BTI Majukan Pariwisata Indonesia

Perkembangan digital dan pengaruhnya terhadap konsumsi gaya hidup masyarakat Indonesia semakin terlihat. Data Kementerian Pariwisata Republik Indonesia menunjukkan kenaikkan jumlah wisatawan nasional pada periode Januari – Oktober 2016 meningkat 1,97% dibandingkan tahun sebelumnya. Melihat peluang ini, Bisnis Travel Indonesia (BTI)–bagian dari Golden Rama Tours & Travel memperkenalkan platform institusi bisnis dengan institusi bisnis (B2B) yang mengintegrasikan teknologi dan pariwisata.

Melalui sistem online yang dapat diakses dari berbagai platform ini, BTI menyediakan teknologi One Stop Travel Solution di mana konsumen dapat melakukan pembelian tiket pesawat, reservasi kamar hotel, paket perjalanan, kapal pesiar, tiket atraksi wisata, tiket kereta api, asuransi perjalanan hingga sewa kendaraan.

Selain itu, terdapat fasilitas One Way Payment untuk melakukan segala jenis pembayaran atau deposit dalam satu kali transaksi melalui virtual account dan / atau melalui beberapa bank besar di Indonesia, seperti BCA, Mandiri, Maybank, dan Permata Bank.

Jonathan Jodie, General Manager Bisnis Travel Indonesia menjelaskan, pengguna dapat mendaftarkan diri sebagai anggota melalui bisnistravelindonesia.com. BTI memiliki dua kategori keanggotaan yang disesuaikan dengan modal awal anggota, yaitu mitra dan distributor, dimana keanggotaan mitra mulai dengan investasi awal Rp 500 ribu dan keanggotaan distributor dengan investasi awal Rp 2 juta.

Masing-masing keanggotaan memiliki keunggulan dan pembagian komisi yang berbeda. Hal ini bertujuan untuk menyasar target yang berbeda serta memberi kesempatan kepada semua lapisan masyarakat untuk berbisnis perjalanan online. “Harapannya platform B2B BTI ini dapat ikut serta membantu memajukan industri pariwisata tersebut,” ungkap Johan Kurniawan, Presiden Direktur Bisnis Travel Indonesia.

BTI juga bermitra dengan maskapai domestik di Indonesia seperti AirAsia, Citilink, Garuda Indonesia, Kalstar, Lion Air, Sriwijaya, hingga ratusan maskapai internasional lainnya seperti Singapore Airlines, KLM-Air France, Emirates, Etihad, Jetstar, Tiger Airways dan bekerjasama dengan beberapa kapal pesiar seperti Royal Carribean, Princess Cruise dan Star Cruise. BTI juga telah bekerja sama dengan lebih dari 50 ribu jaringan hotel di dunia, Disneyland dan Universal Studios.

Sebagai tambahan, peluncuran ini diikuti dengan seremonial peresmian kerjasama penjualan asuransi perjalanan dengan PT Zurich Insurance Indonesia (“Zurich“) dalam penjualan asuransi perjalanan. Bentuk kerjasama yang dilakukan memungkinkan anggota BTI untuk menambah layanan penjualan asuransi perjalanan untuk mendapatkan perlindungan dari risiko yang tidak terduga atas kerugian saat berpergian kepada konsumennya, ataupun diri sendiri.

Philippe Danielski, Presiden Direktur PT Zurich Insurance Indonesia, mengatakan, asuransi perjalanan ini tidak hanya sebatas memproteksi keselamatan jiwa, akan tetapi juga risiko lainnya seperti pembatalan perjalanan, dan perlindungan terhadap rumah yang ditinggalkan selama liburan, yang kesemuanya tercakup dalam 29 perlindungan yang diberikan Zurich Travel Insurance. Sebagai bagian dari upaya edukasi tersebut, beberapa waktu lalu Zurich telah meluncurkan Zurich Travel Action Promise, program yang memberikan jaminan klaim cepat : 1 hari kerja konfirmasi penerimaan klaim, 3 hari kerja untuk konfirmasi, dan 7 hari kerja pembayaran klaim.

Editor : Eva Martha Rahayu


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved