Strategi Goto Dorong Pertumbuhan Bisnis Berkelanjutan

Dalam paparan publik (public expose) tahunan yang digelar secara hybrid, PT GoTo Gojek Tokopedia (Goto) mengungkapkan strategi dan prioritas bisnis perusahaan. Dalam kesempatan tersebut, Goto menegaskan fokusnya pada Indonesia, pertumbuhan bisnis secara berkelanjutan, percepatan langkah menuju profitabilitas, serta rencana memperdalam sinergi ekosistem.

Andre Soelistyo, Group CEO Goto mengatakan, pertumbuhan perusahaan didasari oleh pengembangan produk dan layanan yang unggul serta dipercaya oleh banyak pelanggan. Dengan kepercayaan tersebut, Goto optimistis pelanggan akan semakin menggunakan produk dan layanan yang ditawarkan.

Untuk mencapai profitabilitas, Andre mengungkapkan bahwa perusahaan akan terus melakukan efisiensi melalui peningkatkan monetisasi sebagai sumber pendapatan dan penurunan biaya. “Setiap inisiatif yang kami jalankan lebh efisien akan terus mendekatkan kami pada profitabilitas," jelasnya, Jumat (10/06/2022).

Dalam mengoptimalkan sinergi ekosistem, perusahaan menggabungkan ketiga platform yaitu on demand, e-commerce, dan fintech, dapat memiliki nilai tambah bagi mitra dan konsumen. Perusahaan akan memanfaatkan keunggulan ekosistem yang ada di platform untuk mempercepat pertumbuhan dan jalur menuju profitabilitas.

"Fokus Goto adalah mendorong pertumbuhan yang berkualitas dan berkelanjutan untuk mempercepat langkah menuju profitabilitas. Perjalanan Goto baru berlangsung satu tahun, oleh karena itu kami akan terus mengoptimalkan keunggulan bersaing (competitive advantage) kami untuk mendorong kemajuan dan membawa dampak positif bagi seluruh lapisan masyarakat,” katanya.

Lebih lanjut Andre menyampaikan, strategi yang telah diimplementasikan saat ini membuahkan pertumbuhan bagi ekosistem Goto di masa pandemi. Perusahaan juga telah merancang berbagai pengembangan untuk semakin mningkatkan pertumbuhan di masa pemulihan dari pandemi ini.

Bertolak dari prioritas perusahaan untuk meningkatkan sinergi di antara platform, Andre menekankan empat area sinergi yang menjadi fokus serta landasan perusahaan dalam mengembangkan bisnis ke depannya, yaitu meningkatkan cross-selling antar platform; memaksimalkan strategi hyperlocal pada layanan logistik dan pemenuhan (fulfilment); mengintegrasikan layanan fintech antar platform secara lebih dalam; dan meningkatkan layanan value-added (nilai tambah) untuk memberi manfaat lebih bagi mitra driver dan merchant.

Adapun pada Q1 2022, pertumbuhan pendapatan bruto Goto mencapai 53% atau menjadi Rp5,2 triliun dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya (year-on-year). Nilai ini lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan nilai transaksi bruto (gross transaction value atau GTV) sebesar 46% yoy. Jumlah pesanan konsumen dalam ekosistem juga tumbuh 41% yoy atau 656 juta pesanan.

Terkait dampak sosial, perusahaan juga menyampaikan integrasi sasaran keberlanjutan (sustainability) dalam rangka memberi dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat, melalui sasaran Tiga Nol (Three Zeros), yang terdiri dari Nol Emisi Karbon, Nol Sampah, dan Nol Hambatan (Zero Emission, Zero Waste, Zero Barriers). Perusahaan telah menargetkan pencapaian sasaran yang telah ditetapkan pada tahun 2030, seiring semakin mendalamnya integrasi antara ketiga platform.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)