Management Strategy Capital Market & Investment Trends zkumparan

Strategi Grup Hero Memperbaiki Bisnis Makanan dan Non Makanan

Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk, Patrik Lindvall (kemeja kuning)

PT Hero Supermarket Tbk telah merekrut sejumlah eksekutif baru yang berpengalaman dan memulai Program Perubahan (Change Program) yang komprehensif untuk mengubah dan memperbaiki bisnis makanan sembari terus mengembangkan bisnis non-makanan agar dapat meningkatkan kinerja perseroan secara keseluruhan.

Sampai dengan semester I tahun 2018, Grup Hero telah memiliki total 447 gerai yang sudah menjangkau wilayah di Indonesia dari Sumatera hingga Papua, terdiri dari 31 gerai Hero Supermarket, 59 gerai Giant Ekstra, 99 gerai Giant Ekspres, 257 gerai Guardian, dan 1 gerai Ikea.

Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk, Patrik Lindvall, mengatakan, perseroan menjalankan strategi yang berbeda-beda untuk setiap format gerai. Misalnya pada bisnis makanan, Giant meluncurkan program Harga Teman sebagai salah satu dari strategi perusahaan untuk menawarkan harga yang lebih murah untuk pelanggan.

“Program Harga Teman ini menawarkan harga terbaik bagi pelanggan, lebih dari 600 produk favorit pelanggan ditawarkan dengan harga lebih murah. Strategi berbeda diterapkan untuk Hero Supermarket, di mana perseroan terus melakukan branding sebagai supermarket premium dengan mengedepankan kualitas produk dan pelayanan yang baik,” jelas Patrik usai Paparan Publik Tahunan di Ikea Alam Sutera (4/10/2018).

Sementara itu, pada bisnis non-makanan, Guardian fokus pada ekspansi berkelanjutan, tampilan baru, produk eksklusif baru dan mengembangkan supply chain dengan membuka Distribution Center (DC) baru di Surabaya.

Strategi untuk Ikea, saat ini perseroan sedang melakukan proses pembangunan gerai kedua di Cakung, Jakarta Timur. Hal ini dilakukan mengingat kinerja penjualan Ikea terus menunjukkan performa positif dan pertumbuhannya didukung oleh peningkatan jumlah kunjungan pelanggan ke toko Ikea Alam Sutera.

Grup Hero juga melaksanakan beberapa kegiatan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) di sepanjang semester I tahun 2018, sebagai bentuk kontribusi aktif perseroan kepada masyarakat melalui program-program sosial yang berdampak positif.

Pada 2018 ini, sebanyak 189 toko Giant Ekstra, Giant Ekspres, dan Hero Supermarket melaksanakan program Berdaya Indonesia sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar dan sebagai sarana untukmemperkuat kerja sama tim di toko. Salah satu program CSR yang dilakukan adalah Pasar Murah Giant untuk mendukung pemerintahdalam menyediakan barang-barang kebutuhan pokok dengan harga yang sangat terjangkau bagi masyarakat yang sudah dilakukan di 9 titik wilayah Jakarta, Bandung, Semarang, Tangerang, dan Tangerang Selatan.

Selain itu, beberapa tindakan responsif sudah perseroan lakukan terkait dengankejadian bencana alam, seperti Siaga Gunung Agung Bali, Banjir Pacitan, serta Gempa Bumi Lombok. “Kami berharap kehadiran Grup Hero dapat membawa suasana positif bagi masyarakat di seluruhIndonesia,” jelas Patrik.

Pada kinerja keuangan semester I/ 2018, bisnis non-makanan dari Guardian dan Ikea menunjukkan pertumbuhan penjualan yang solid dengan peningkatan penjualan 27% menjadi Rp 1.415 miliar, serta peningkatan efisiensi biaya. Laba bersih yang dibukukan Rp34 miliar pada semester I 2018, dibandingkan dengan Rp 71 miliar pada periode yang sama tahun lalu.

Performa bisnis non-makanan yang terus menunjukkan kinerja yang positif, diharapkan dapat mendukung kinerja bisnis makanan yang masih menghadapi tantangan. “Tim manajemen yang baru akan terus mengembangkan Program Perubahan yang komprehensif untuk meningkatkan kinerja perseroan secara keseluruhan serta terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan,” jelas Patrik.

Sejarah Hero Supermarket sebagai pelopor ritel modern di Indonesia diawali tahun 1971 di Jakarta. Kini, perseroan tumbuh menjadi perusahaan yang memiliki format bisnis supermarket, hipermarket, kesehatan & kecantikan, dan perabotan rumah tangga di Indonesia.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved