Strategy zkumparan

Strategi Ninja Xpress Bantu UMKM Tingkatkan Penjualan Selama Ramadan

Strategi Ninja Xpress Bantu UMKM Tingkatkan Penjualan Selama Ramadan

Momen Ramadan menjadi kesempatan bagi para pelaku usaha untuk menuai banyak transaksi. Berdasarkan riset #RamadhandiTwitter, akan terjadi peningkatan pembelian selama Ramadan di mana 9 dari 10 orang berniat melakukan pembelanjaan barang.

Hal ini tentu berdampak pada industri jasa pengiriman barang, mengingat banyaknya promo harga yang disiapkan para pelaku usaha dan berbagai macam tradisi “berbagi” yang memerlukan jasa pengiriman barang.

Berdasarkan catatan Ninja Xpress, terjadi peningkatan pengiriman Ramadan lebih dari 50% pada 2021. Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur menjadi top 3 daerah yang didominasi paket berukuran kecil. “Ada beberapa momentum lain di tiap tahun, tapi Ramadan yang memberikan kontribusi besar bagi kami,” ujar Head of Trade Ninja Xpress, Subarkah Dwipayana dalam virtual sharing session Ramadan 101: Raih Berkah dan Cuan Saat Ramadan, Rabu (30/03/2022).

Untuk membantu para pelaku usaha memaksimalkan penjualannya selama Ramadan, Ninja Xpress menghadirkan customized solutions untuk masing-masing lini bisnis. Inisiatif customized solutions ini memetakan kembali potensi pasar, keunggulan produk, tantangan yang dihadapi dan tingkat kematangan proses bisnis setiap lini untuk mengidentifikasi solusi yang sebenarnya paling mereka butuhkan.

Dari hasil pemetaan ini, Ninja Xpress kemudian menyusun perencanaan strategi pemasaran yang lebih terarah dan komprehensif serta terus mendampingi UMKM selama pelaksanaannya agar mereka berhasil meningkatkan penjualan.

“Setiap lini bisnis ini tentu memiliki tantangan yang berbeda dalam memasarkan produknya di saat Ramadan sehingga membutuhkan strategi pemasaran yang berbeda pula,” jelas Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress.

Layanan customized solutions disediakan Ninja Xpress melalui Creative Business Solutions yaitu dengan Creative Hub tempat UMKM bisa melakukan foto dan video produk secara profesional bersama model dan makeup artist, dukungan iklan offline dan online agar UMKM dapat beriklan lebih maksimal di media dan lokasi yang strategis, kolaborasi bersama para influencer/KOL, penyelenggaraan events, hingga layanan manajemen konten media sosial.

Semua dukungan tersebut diberikan secara gratis kepada UKM yang tergabung di dalam ekosistem Ninja Xpress ataupun yang baru mendaftar. Salah satu UKM yang hadir dalam kesempatan yang sama, Widya Pangestika, Social Media Specialist dari HR Group (Dr. O) mengatakan, melalui customized solutions, Ninja Xpress membantu memberikan slot videotron di beberapa titik secara gratis. “Ninja Xpress tidak hanya memberikan solusi pemasaran tepat sasaran tapi juga mengubahnya menjadi peluang bisnis yang lebih besar lagi dengan customized solutions-nya,” katanya.

Nabella dari Muluse yang bergabung dengan ekosistem Ninja Xpress pada November 2021 menjelaskan, sebagai UMKM yang baru berdiri dengan produk yang baru diluncurkan, pihaknya sangat membutuhkan pelatihan bisnis tentang branding dan customized solutions Ninja Xpress menyediakan kebutuhan tersebut. diberikan fasilitas belajar melalui Kurasi dan juga diberikan fasilitas foto dan video produk secara gratis. Selain itu dengan bergabungnya Muluse dengan Ninja Xpress, ia memperkirakan akan ada peningkatan penjualan sebesar 20%.

Addiniya dari TB Baneska yang mengandalkan penjualan fesyen gamis dan hijabnya pada bulan Ramadan tahun ini juga menyatakan bahwa Ninja Xpress membantu pihaknha dalam membangun kerjasama dengan KOL tier 1. Baneska juga mendapat bantuan iklan videotron, pemasaran yang tidak pernah dilakukan sebelumnya karena biaya yang tinggi.

“Dengan melihat tren kenaikan jumlah pengiriman paket di bulan Ramadan, UKM Indonesia terbukti memiliki endurance sehingga berhasil bertahan melalui masa pandemi. Solusi yang mereka butuhkan tentu kini lebih spesifik sehingga inilah yang menjadi latar belakang Ninja Xpress memberikan customized solutions untuk masing-masing lini bisnis, baik itu Makanan/Minum, fashion, kecantikan, hingga peralatan rumah tangga,” tutur Andi.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved