Strategy

Taniversary TaniHub Sebulan Penuh Rayakan Hari Tani Nasional

Ivan Arie Sustiawan, CEO dan Co-founder Grup TaniHub

Untuk merayakan Hari Tani Nasional yang jatuh pada 24 September sekaligus bertepatan dengan ulang tahun ke-4 Grup TaniHub, agritech startup terbesar di Indonesia itu mengadakan program sebulan penuhTaniversary mengusung tema “Mudah Itu Diciptakan”. Berbeda dengan kegiatan serupa yang diadakan tahun 2019 (TaniFest), Taniversary didominasi dengan kegiatan secara daring. Ini merupakan langkah menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Pamitra Wineka, President dan Co-founder Grup TaniHub mengungkapkan, Taniversary bukan sekadar acara perayaan, tapi ada makna lebih di dalamnya. “Setiap tahun, kami merayakan Hari Tani Nasional untuk berterima kasih kepada para petani yang telah berjasa besar bagi ketahanan pangan negeri ini. Namun, tidak banyak masyarakat Indonesia yang memaknai hari besar ini dalam hidup mereka. Sebab itu, melalui Taniversary, kami ingin mengajak masyarakat untuk mulai peduli terhadap petani dan pertanian Indonesia,” ungkap Pamitra kepada media secara daring (24/8/2020).

Ivan Arie Sustiawan, CEO dan Co-founder Grup TaniHub menambahkan, dalam mendukung pertanian Indonesia dapat dilakukan dengan mudah melalui TaniHub .”Tanpa perlu turun ke ladang untuk bertani, masyarakat bisa menjadi lender atau membeli hasil pertanian Indonesia. Oleh sebab itu kami memilih ‘Mudah Itu Diciptakan’ sebagai tema Taniversary tahun ini. Sekali lagi, untuk mengingatkan dan mempermudah masyarakat dalam mendukung petani Indonesia,” tambah Ivan.

Dengan berlandaskan tiga pilar TaniHub, yakni agriculture, technology, dan social impact, Taniversary memberikan berbagai promo dan kegiatan sebagai berikut: pertama, harga khusus, potongan hingga 50%, dan berbagai kemudahan pembayaran dengan cashback sampai 50% pada saat puncak acara.

Juga ada program Flash sale dan diskon hingga 50% di sejumlah marketplace yang bekerja sama dengan Grup TaniHub. Lalu, Mango Fair di beberapa supermarket Jabodetabek, Bali Somer Fest di Bali, dan Fruit Fair di jaringan supermarket Giant dan Transmart. Tak lupa, lomba penulisan artikel untuk para jurnalis dengan total hadiah Rp 27,5 juta. Pun, promo tambahan nilai manfaat bagi hasil sebesar 1% untuk 500 lenders TaniFund, kuis berhadiah dana wallet TaniFund, serta program literasi keuangan kepada 800 petani binaan TaniFund bersama Unilever melalui program Bango Pangan Lestari.

“Cashback 90% untuk pembelian dengan kode Patriot TaniHub.TaniTalks (Virtual talkshow) dan Instagram Live mingguan yang akan membahas seputar dunia pertanian dengan menggandeng sejumlah pelaku, pakar, dan influencers. Berbagai kegiatan internal yang bertujuan untuk meningkatkan semangat TaniSquad (Sebutan kebanggaan bagi karyawan TaniHub Group) dalam memajukan pertanian Indonesia,” jelasnya.

Taniversary akan mencapai puncaknya pada tanggal 24 September 2020 dengan mongombinasikan talkshow mengenai masa depan pertanian Indonesia, acara hiburan, dan kuis yang dapat disaksikan secara langsung melalui saluran Youtube TaniHub.

Hingga saat ini Grup TaniHub berkembang menjadi platform TaniHub, TaniFund, dan TaniSupply dan memiliki visi “Agriculture for Everyone” atau “Pertanian untuk semua”, yang diwujudkan dengan mempercepat dampak positif dalam sektor pertanian melalui pemanfaatan teknologi informasi.

Agriculture (Pertanian), Technology (Teknologi), dan Social Impact (Dampak Sosial) adalah tiga pilar utama perusahaan dalam menciptakan ekosistem untuk menata ulang sektor pertanian di Indonesia.

Platform ini menggarap pasar e-commerce B2B (business-to-business) dan B2C (business-to-consumer) untuk hasil tani. Tujuannya untuk menghubungkan petani dengan berbagai jenis usaha serta end-user.

“TaniHub didirikan pada pertengahan 2016 oleh sekelompok anak muda yang berkeinginan kuat untuk mendukung petani yang menghadapi kesulitan dalam memasarkan hasil panen mereka,” tutur Ivan.

Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya TaniHub, para pendiri kemudian melihat bahwa petani tidak hanya membutuhkan akses terhadap pasar, tetapi juga akses terhadap permodalan. Maka pada 2017, platform peer-to-peer lending TaniFund pun didirikan sebagai solusi permasalahan pendanaan yang dihadapi petani. Dua tahun kemudian, TaniSupply terlahir untuk mengatasi permasalahan supply chain. Dengan ketiga unit tersebut, diharapkan dapat mewujudkan cita-cita ketahanan dan kecukupan pangan di Indonesia.

www.swa.co.id

# Tag


    © 2023-2024 SWA Media Inc.

    All Right Reserved