Strategy

Traveloka Epic Sale 2021 Berhasil Dongkrak Omzet Mitra Industri Pariwisata

Traveloka Epic Sale 2021 Berhasil Dongkrak Omzet Mitra Industri Pariwisata

Traveloka menggelar program promosi terbesar Epic Sale kelima kalinya pada 5-11 Oktober 2021 dengan menggandeng sekitar 54.000 mitra di sektor pariwisata. Traveloka mencatat peningkatan pemesanan lebih dari 1,5 kali lipat lebih tinggi dibandingkan Epic Sale pada Maret 2021 lalu.

Selama periode Epic Sale, Traveloka mencatat jumlah pengunjung aplikasi hingga lebih dari 7 juta pengguna. Hal ini menunjukkan Traveloka Epic Sale mampu menciptakan permintaan pasar yang diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap keberlangsungan bisnis para mitra. Program ini merupakan wujud nyata komitmen jangka panjang perusahaan untuk mendukung pertumbuhan ekosistem pariwisata domestik, termasuk selama pandemi sehingga perlahan-lahan mampu mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Hadirnya Traveloka Epic Sale ini memudahkan pengguna dalam merencanakan kebutuhan perjalanan dan gaya hidup melalui berbagai penawaran menarik dari para mitra untuk ragam solusi end-to-end terbaik. Selama program Epic Sale berlangsung, produk Traveloka yang paling diminati adalah Eats Delivery, Akomodasi, dan Tiket Pesawat. Hal ini sejalan dengan kegiatan yang paling digemari pengguna yaitu staycation di wilayah Pulau Jawa, memesan makanan berat dan kudapan manis di area Jabodetabek, dan naik pesawat untuk weekend getaway di Bali dan Yogyakarta.

Albert, Co-founder Traveloka mengatakan, Traveloka Epic Sale kedua di tahun ini mampu mendorong optimisme industri pariwisata untuk perlahan-lahan bangkit dari pandemi. Terciptanya permintaan konsumen yang meningkat selama periode Epic Sale memberikan angin segar bagi para mitra untuk dapat mempertahankan keberlangsungan usaha mereka. Sejalan dengan meningkatnya minat masyarakat untuk kembali melakukan perjalanan, Traveloka dan para mitra juga terus mendorong penerapan safe travel yang mengedepankan implementasi protokol kesehatan yang ketat.

Traveloka melihat kepercayaan masyarakat untuk melakukan safe travel meningkat seiring dengan kegiatan yang mereka pilih. Hal ini terlihat dari sekitar 11 ribu Traveloka Clean Partners mengalami peningkatan traffic dan penjualan lebih tinggi dibandingkan dengan mitra lain selain Clean Partners. Traveloka juga mencatat adanya peningkatan 2,4 kali lipat untuk pembelian asuransi perjalanan dibandingkan awal tahun 2021. Selain mengutamakan protokol kesehatan dalam perjalanan, Traveloka juga mencatat bahwa kegiatan di luar ruangan menjadi alternatif pengguna yang tercermin meningkatnya minat pengguna terhadap produk atraksi outdoors dan watersports hingga 15 kali lipat dibandingkan hari biasa sebelum periode Epic Sale.

Destinasi perjalanan yang paling banyak dipilih masih berlokasi di Bali dan wilayah Pulau Jawa seperti Bandung, Surabaya, Yogyakarta, dan Malang. Sebagian besar pengguna melakukan perjalanan untuk menikmati akhir pekan di luar domisili tinggal. Staycation masih menjadi kegiatan yang paling digemari dengan pilihan menginap di hotel berbintang 4 dan 5 di Jakarta, Bandung, dan Puncak, Bogor. Pemesanan tiket pesawat oleh pengguna juga mulai marak dengan tujuan weekend getaway ke Bali dan Yogyakarta. Road trip pun menjadi pilihan perjalanan lainnya bagi pengguna yang lebih suka menggunakan transportasi darat.

Traveloka Epic Sale hadir dengan berbagai mekanisme untuk memfasilitasi mitra menjangkau lebih banyak pelanggan, serta memudahkan pengguna dalam memenuhi

kebutuhan perjalanan dan gaya hidupnya yang terus berkembang. Dengan memanfaatkan kanal live stream untuk berbagi penawaran menarik dari para mitra, Traveloka Epic Sale berhasil menggaet lebih dari 4 juta penonton Traveloka Epic Live baik dari media sosial maupun aplikasi Traveloka.

Untuk para mitra, Traveloka telah memfasilitasi sesi Epic Live khusus yang memungkinkan sejumlah mitra untuk mempromosikan produk dan layanan mereka secara langsung melalui live streaming di aplikasi dan akun media sosial Traveloka. Adanya Epic Live khusus ini berhasil menarik animo para pengguna yang terlihat dari meningkatnya jumlah penonton hingga 3,7x (unique viewers) dibandingkan sesi live stream biasa sebelum periode Epic Sale dan hal ini berkontribusi pada peningkatan traffic dan penjualan mitra yang berpartisipasi dalam Epic Live sampai 2 kali lipat.

Untuk para pengguna, Traveloka sudah mulai membangun antusiasme Epic Sale sejak 29 September – 4 Oktober 2021 dengan mengadakan Epic Referral. Mekanisme ini memungkinkan pengguna berkesempatan memenangkan kupon diskon harian. Ada sekitar 180.000 pengguna Traveloka mengikuti sesi ini dengan total lebih dari 70.000 jumlah tautan referral yang dibagikan dan total lebih dari 3 juta koin yang dikumpulkan seluruh pengguna.

Saat periode Epic Sale pada 5-11 Oktober 2021, Traveloka menghadirkan beragam permainan berhadiah untuk menambah Traveloka Points dan kupon diskon para pengguna. Permainan seperti Pick-A-Loka Epic Sale Special dan Teka Teki Traveloka diakses lebih dari 350.000 pengguna dan lebih dari 200 juta Traveloka Points dibagikan. Traveloka juga memiliki Epic Mission yang diikuti lebih dari 157.000 pengguna dan telah memberikan lebih dari 87.000 rewards.

“Sebagai wujud komitmen Traveloka dalam mendukung pertumbuhan ekosistem pariwisata domestik, kami berusaha untuk memastikan bahwa dukungan Traveloka kepada para mitra tidak berhenti pada periode EPIC Sale saja. Traveloka akan terus berinovasi menghasilkan inisiatif dan terobosan program lainnya yang bermanfaat bagi para mitra. Kami juga masih terus berkolaborasi dengan para mitra untuk memberikan layanan end-to-end terbaik dan relevan bagi para pengguna,” ungkap Albert.

Para mitra Traveloka Epic Sale 2021 juga mengaku puas dengan program tersebut untu mendongkrak omzet. “Traveloka Epic Sale pada Oktober 2021 meningkatkan persentase jumlah pemesanan kamar pada properti kami di jaringan Life Hospitality Hotel Group,” jelas Budi Patiran, Managing Director of Life HospitalityHotel Group secara virtual (15/10/2021).

Menurut Budi, Traveloka berperan penting dalam mendukung marketing exposure pada properti usahanya , yang mana dapat memperkenalkan properti kami ke berbagai segmen lainnya, meningkatkan room night production, menjaga stabilitas Standard Operating Procedure dengan protokol kesehatan, sehingga membantu kami untuk senantiasa memberikan pelayanan terbaik. Hal ini juga menjaga optimisme di tengah tantangan global COVID-19.

“Bekerja sama dengan Traveloka sangat membantu dalam memberikan kontribusi peningkatan transaksi penjualan pada Reborn Signature Wellness Spa berkisar 20% hingga 30% dari total penjualan. Inovasi dalam bentuk event yang dihadirkan selama masa pandemi untuk kami yang bergerak di industri hospitality juga dapat membantu kami untuk tetap bisa bertahan menjalankan bisnis. Kami berharap Traveloka bisa terus memberikan inovasi lain yang bisa membantu para pelaku industri hospitality,” jelas Hendro Ponco R, Operational Manager Reborn Signature Wellness Spa Dewi Sri Bali.

Sementara itu mitra Eats Traveloka mengungkapkan, Dear Butter bergabung di platform Traveloka Eats Delivery sejak awal Oktober 2021. “Tidak disangka, di minggu yang sama, kami berpartisipasi dalam Traveloka Epic Sale. Ini merupakan pengalaman pertama bagi kami dan hasilnya sangat memuaskan. Terdapat peningkatan setidaknya 1,7x lipat sepanjang periode 5-11 Oct. Kami berharap, makin banyak outlet Dear Butter yang bisa bergabung di Traveloka Eats Delivery, sehingga Dear Butter dapat dinikmati oleh lebih banyak orang,” ungkap Bobby Handoko, Pemilik Dear Butter

“Salah satu program Traveloka yang sangat membantu kami dari operator transportasi untuk memperkenalkan brand kami, meningkatkan growth penjualan serta mempermudah customer untuk reservasi dengan harga yang terjangkau. Growth penjualan Aragon Transport sebelum dan saat Epic Sale meningkat sampai lebih dari 50%,” kata Alia Ningtyas P, Marketing Communication Manager Aragon Transport.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved