ATM Jaringan PRIMA dan Bank Mandiri Segera Terhubung

ATM Jaringan PRIMA dan Bank Mandiri Segera Terhubung

Ada kabar baik yang ditunggu-tunggu nasabah dan masyarakat sejak lama. Anjungan tunai mandiri atau mesin ATM PT Bank Mandiri Tbk akan segera terkoneksi dengan jaringan PRIMA yang dikelola oleh PT Rintis Sejahtera. Hal tersebut merupakan hasil dari nota kesepahaman kerja sama jaringan ATM Bank Mandiri dengan Rintis Sejahtera yang ditandatangani oleh Direktur Utama Bank Mandiri, Zulkifli Zaini dengan Direktur Utama Rintis Sejahtera, Iwan Setiawan dan disaksikan oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia, Ardhayadi Mitroatmodjo, dan Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja.

Melalui kerja sama ini, nasabah Bank Mandiri nantinya akan dapat bertransaksi tarik tunai, cek saldo, dan transfer antarbank di lebih dari 22.000 ATM yang terhubung melalui jaringan ATM PRIMA, termasuk di lebih dari 7.000 ATM BCA. Dengan bergabungnya Bank Mandiri, maka bank peserta Jaringan ATM PRIMA akan bertambah menjadi 49 bank. Sementara jumlah ATM yang terhubung juga akan bertambah menjadi lebih dari 31.000 ATM.

Ardhayadi menjelaskan, kerja sama ini merupakan peristiwa penting dalam industri sistem pembayaran di Indonesia. “Kerja sama ini merupakan potensi yang besar karena Bank Mandiri dan BCA merupakan dua bank yang memiliki jaringan terbesar di Indonesia,” ujarnya. Ke depan, lanjutnya, kerja sama ini diharapkan memberikan kontribusi untuk kecepatan perputaran uang yang ujungnya adalah peningkatan aktivitas ekonomi di masyarakat.

Sementara itu, Jahja menambahkan bahwa penandatanganan nota kesepahaman ini menjadi awal kerja sama yang baik. “Kerja sama ini tentu akan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi nasabah,” katanya.

Sampai akhir September 2011, jaringan ATM Bank Mandiri telah mencapai 8.993 unit, yang terkoneksi ke lebih dari 21.000 jaringan ATM Link, 30.000 jaringan ATM Bersama, dan lebih dari 1,7 juta ATM VISA Internasional seluruh dunia. Penambahan jaringan ATM yang terus dilakukan Bank Mandiri telah mampu meningkatkan transaksi hingga 454 juta transaksi hingga Agustus 2011 atau tumbuh 19 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

“Penguatan jaringan ini akan mendorong pertumbuhan transaksi nasabah melalui jaringan elektronik mandiri dan dapat pula meningkatkan efisiensi dalam bertransaksi,” ujar Zulkifli. Setelah penandatangan nota kesepahaman, kedua institusi akan melanjutkan pada perjanjian kerja sama untuk mengimplementasikan kerjasama kedua jaringan ATM tersebut.

Biaya yang dibebankan kepada nasabah Bank Mandiri untuk melakukan transaksi dengan jaringan PRIMA sama seperti dengan bank lain yang menjadi anggota. Contoh, biaya transfer dana dari rekening Bank Mandiri ke BCA dikenakan biaya Rp 5.000 per transaksi.

“Kerja sama ini dapat menciptakan sinergi daya saing perbankan nasional, back-up pelaku sistem pembayaran yang berlapis, dan mendorong kemitraan yang kuat dalam menghadapi persaingan, baik regional maupun global. “Salah satu faktor penting landasan kolaborasi para pemangku kepentingan sistem pembayaran adalah pentingnya konsensus untuk menjaga iklim persaingan yang sehat antar pelaku industri sistem pembayaran berdasarkan tata kelola industri (Good Industry Governance) dan UU Persaingan yang berlaku,” jelas Iwan Setiawan, Presiden Direktur PT Rintis Sejahtera.*

 

Berita BCA (swa.co.id/beritabca)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)