Kenali Dulu Jenis-Jenis Tabungan Sebelum Memilih

Foto : www.beyond-banking.co

Tabungan di bank merupakan sarana menyimpan uang yang paling banyak digunakan masyarakat. Alasannya adalah, keamanan yang diberikannya. Nasabah tak perlu khawatir uang hilang. Namun ternyata, tabungan juga terdiri atas beberapa jenis.

Tabungan konvensional, merupakan rekening untuk menyimpan uang dan dapat diambil nasabah sewaktu-waktu, baik di bank atau ATM. Tabungan ini tidak dibatasi jangka waktu, dan nasabah bisa setor uang kapan pun dengan jumlah berapa pun.

Tabungan ini menawarkan bunga bervariasi, mulai dari 0,5 persen hingga 2 persen. Tabungan ini juga sangat aman karena dilindungi Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Tabungan berjangka menawarkan bunga yang lebih besar dari tabungan konvensional.

Salah satu produk tabungan yang paling dikenal adalah deposito. Penarikan uang untuk tabungan jenis ini tidak bisa seenaknya, hanya sesuai jadwal kesepakatan, kalau tidak, akan mendapat denda. Bunga yang ditawarkan juga bervariasi antara 3 -7 persen.

Tabungan pendidikan anak menargetkan jumlah uang tertentu dalam jangka tertentu untuk biaya anak sekolah. Umumnya, tabungan ini disertai asuransi dan menawarkan suku bunga yang lebih tinggi antara 4-5,5 persen per tahun.

Sistem tabungannya pun autodebit dari tabungan utama dengan jumlah minimum setoran Rp 100 ribu. Namun, kamu juga bisa melakukan setoran tambahan di luar setoran wajib.

Tabungan haji memiliki tujuan supaya nasabah bisa naik haji. Sistem tabungan ini mirip tabungan rencana yang mewajibkan nasabah menyetor uang rutin tiap bulan. Jangka waktu juga bebas ditentukan nasabah dengan setoran minimal Rp 100 ribu.

Ketika saldo sudah mencapai Rp 25 juta, nasabah sudah bisa daftar haji. Tabungan ini biasanya juga sudah dilengkapi asuransi jiwa dan kecelakaan diri. Tabungan investasi hanya digunakan untuk nasabah yang transaksi jual-beli saham.

Jenis tabungan hanya untuk menampung uang untuk membeli saham serta menyimpan laba hasil menjual saham. Untuk menyetor saldo ke tabungan ini, nasabah cukup transfer uang ke rekening ini.

Tabungan ini sama sekali tidak mendapat bunga. Bahkan, beberapa bank sekuritas mengenakan biaya administrasi.

Sumber: www.beyond-banking.co

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)