Perlu Strategi Khusus Ini untuk Hadapi Startup Fintech

Foto : www.beyong-banking.co

Perkembangan teknologi yang semakin canggih akhir-akhir ini membawa banyak perubahan. Salah satunya adalah berdirinya perusahaan-perusahaan rintisan yang bergelut di bidang keuangan.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara bahkan pernah mengatakan bahwa perbankan harus mulai merasa was-was dengan keberadaan perusahaan rintisan berbasis keuangan (fintech) itu. Menurutnya, dalam beberapa tahun ke depan, fintech dan peer to peer landing bisa berkembang lebih besar dibanding perbankan.

Alasannya adalah mereka bisa lebih efisien dalam hal biaya. Terbukti dalam hal pengiriman uang antarnegara atau remitansi. Satu perbankan di Indonesia yang beroperasi di Hongkong bisa mematok biaya sampai Rp 30 ribu. Dengan teknologi, ada perusahaan rintisan yang bisa memangkasnya menjadi Rp 1.000 saja per transaksi.
Sejalan dengan Rudiantara, Senior Executive Vice President Strategic Information Technology BCA Hermawan Thendean mengatakan jika ke depannya perbankan tidak melakukan inovasi, khususnya dalam bidang digital, maka bisnis ini bisa tergerus.

"BCA terus mengembangkan inovasi digital khususnya yang berbasis pada bagaimana upaya memudahkan nasabah melakukan transaksi. Basisnya adalah kepuasan dan pelayanan nasabah," sebut Hermawan.

Di tahun ini juga, BCA menargetkan memiliki venture capital. Saat ini, pihaknya sedang mengajukan izin ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Venture Capital ini akan secara aktif membantu pendanaan perusahaan-perusahaan rintisan di Tanah Air.

"Untuk tahap awal, targetnya setidaknya ada lima sampai 10 perusahaan rintisan yang akan kami biayai," tambahnya.

Saat ini setidaknya sudah ada 165 perusahaan rintisan yang tercatat di OJK. Oleh karenanya, regulator berencana memperketat regulasi dan juga proteksi. Bersama Bank Indonesia (BI), OJK salah satunya membentuk Forum Pakar Fintech.

Sumber : www.beyond-banking.co

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)