Sebelum Mulai Bisnis Daring, Yuk Kenali Permasalahannya Dulu!

Images : www.beyond-banking.co

Salah satu bisnis yang sedang berkembang di Indonesia adalah bisnis daring (online). Meski pada awal kemunculannya, tingkat kepercayaan konsumen sangat rendah pada belanja daring.

Hal ini disebabkan banyaknya penipuan yang terjadi. Modusnya yaitu pembeli yang sudah melakukan transfer uang tetapi barang tak kunjung dikirim.

Namun, dengan berbagai perbaikan, hal tersebut sudah teratasi. Tingkat kepercayaan konsumen meningkat dan penjualan daring terus meroket. Tren inilah yang akhirnya membuat banyak pedagang daring bermunculan.

Merintis bisnis daring ini dirasa lebih mudah dan ramah di kantong jika dibandingkan dengan bisnis secara luring (offline). Salah satunya adalah proses pembuatan toko daring yang mudah dan tidak membutuhkan modal yang besar. Selain itu, kepuasan pelanggan adalah faktor penting yang memengaruhi perilaku konsumen terhadap e-dagang itu sendiri.

Dilansir dari Daily Social yang telah melakukan survei pada 504 konsumen, dengan rincian 52,78 persen adalah pria dan 47,22 persen adalah wanita dengan domisili di Pulau Jawa. Hasil survei menunjukkan, para responden kerap mengeluhkan lama pengiriman barang sebanyak 46,67 persen , lama konfirmasi pembayaran sebanyak 15,61 persen, salah kirim barang  sebanyak 9,76 persen, dan lainnya sebanyak 27,96 persen.

Para responden mengaku, kebanyakan pelaku e-dagang menyelesaikan masalah tersebut dalam 1-3 hari yaitu sebanyak 60,98 persen. Namun, hanya 20,49 persen yang menyelesaikan masalah yang timbul secara sigap di hari itu juga.

Hasil survei tersebut juga mengungkap faktor kepuasan konsumen. Yakni, harga yang wajar sebanyak 25,05 persen, banyak diskon  sebanyak 18,26 persen, CS responsif sebanyak 15,71 persen dan lainnya sebanyak 40,98 persen.

Para responden juga memberikan saran bagi para pelaku e-dagang untuk memberikan peningkatan pada beberapa hal. Pertama soal informasi promosi atau diskon (30,36 persen), kemudian jaminan kualitas barang (22,22 persen), CS responsif (14,48 persen), kecepatan pengiriman (10,91persen), kecepatan & kemudahan akses situs (9,13 persen), pilihan metode pembayaran (6,94 persen), kelengkapan informasi barang (4,76 persen) dan lainnya (1,19 persen).

Nah, dengan demikian jika Anda ingin mulai merintis bisnis daring ini supaya bisa memosisikan berada dalam koridor yang benar ya.

Sumber : www.beyond-banking.co

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)