Tingkatkan Daya Saing Bisnis dengan Mengejar Tren Teknologi

Foto : Beyond-banking.co

Salah satu cara untuk menjaga konsistensi dan eksistensi dalam bidang bisnis adalah dengan rajin melakukan inovasi. Dengan hal tersebut, besar kemungkinan entitas bisnis tetap eksis dan mampu bersaing akan semakin besar.

Seperti halnya PT Bank Central Asia Tbk (BCA) yang melakukan inovasi untuk tetap eksis. Bank swasta ini menekankan pentingnya mengejar tren teknologi yang sedang berkembang, yakni merangkul financial technology (fintech) untuk mendukung bisnis bank.

Hal tersebut diwujudkan dengan mendirikan perusahaan modal ventura Central Capital Ventura (CCV) untuk berinvestasi dan berkolaborasi dengan perusahaan fintech. Harapannya, kerja sama tersebut mampu mendukung ekosistem layanan keuangan BCA dan anak usaha.

“BCA menyadari pentingnya merangkul pemain baru di lini bisnis fintech dalam rangka mendorong layanan perbankan berbasis digital yang selalu up-to-date dan terdepan. Kami melihat kecanggihan layanan perbankan yang kami tawarkan mendorong kepuasan dan loyalitas nasabah untuk selalu kembali ke BCA,” ungkap Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja.

Tak hanya mengejar tren tekonologi, BCA juga mempunyai strategi sendiri untuk menjaga konsistensi kinerja positif di tengah persaingan sektor perbankan yang semakin kompetitif.

“Kemudahan bertransaksi sangat penting bagi bisnis, seperti halnya darah di tubuh kita. Kelancaran sistem pembayaran akan mendukung kinerja bisnis,” ujar Jahja.

Dalam hal ini, BCA berhasil mencetak prestasi berupa net interest margin (NIM) yang mencapai 6 persen setelah menggunakan model bisnis yang sederhana, tetapi efektif. Yakni, dengan menggenjot penerimaan dana murah (low cost deposit) dan meminjamkan dana tersebut ke sektor tertentu yang dinilai lebih prospektif.

Prestasi tersebut berhasil membawa BCA mengungguli finalis dari 16 negara lain di ajang FinanceAsia Country Awards for Achievement 2017. BCA pun mendapat penghargaan Bank Terbaik di Indonesia dan Bank Asia Terbaik untuk kedua kalinya.

Sumber : www.beyond-banking.co

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)